Mohon tunggu...
Fadhlia Albaar
Fadhlia Albaar Mohon Tunggu... Pelajar

Sabar, ikhlas, tawakal

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Mengenal Dunia Tambang Selangkah Lebih Dekat

20 Oktober 2019   10:54 Diperbarui: 20 Oktober 2019   11:15 0 0 0 Mohon Tunggu...
Mengenal Dunia Tambang Selangkah Lebih Dekat
inshot-20191020-131354707-compress49-5dabe08f097f3639466820e2.jpg

Fadhlia Albaar, Mahasiswa Teknik Pertambangan, Universitas Khairun

Kehidupan tanpa tambang? Bukan menjadi tak berarti, melainkan semuanya menjadi sulit. Sadar atau tidak, hampir seluruh perabotan / alat / barang yang ada di sekitar kita adalah hasil dari pertambangan. Dapat diartikan kehidupan kita ini cukup bergantung pada tambang.

Indonesia merupakan salah satu negara yang dapat menghasilkan sumber daya alam yang sangat tinggi. Hampir semua jenis sumber daya alam jenis tambang terdapat di Indonesia, mulai dari yang tak dapat diolah kembali sampai yang dapat dimanfaatkan untuk diolah kembali. 

Minyak, emas, batubara, timah dan masih banyak yang lainnya yang dijadikan sebagai bahan dasar perabotan rumah tangga. Semua itu berasal dari pertambangan.

"Semua kebutuhan dasar bagi peradaban manusia berasal dari sumberdaya yang harus ditumbuhkan, dan sumberdaya yang harus ditambang"  -Ir. Gatut Adisoma, M.Sc, Ph.D, IPM

Di mata publik pertambangan dianggap sebagai kegiatan yang asing dan tidak terkait dengan hidup mereka. Aktivitas yang tak dikenal karena berlangsung di pelosok nun jauh dari dunia kota. Masyarakat cenderung menentang kegiatan pertambangan karena dikesankan merusak. 

Banyak orang tidak sadar bahwa kebutuhan sehari-hari yang mereka "take it for granted" sebenarnya berasal dari tambang. Tak kenal maka tak sayang. Tanpa kegiatan pertambangan maka peradaban umat manusia akan kembali ke zaman batu.

Pertambangan bila dipandang dari segi ekonomi negara pertambangan sangat memiliki peranan penting. Selain untuk menambahkan pendapatan negara, industri-industri teknologi, transportasi, komunikasi dan lainnya yang kini semakin maju tentu memerlukan bahan hasil dari pertambangan. 

Belum lagi, berbagai industri yang kini kerap membuat sebuah produk baru yang semakin canggih, tentunya produk tersebut diikuti dengan bahan dasar pertambangan yang semakin bagus pula. Berdasarkan hal tersebutlah, sudah sepatutnya kita menyadari akan suatu pentingnya pertambangan bagi kehidupan manusia.

Apabila tambang itu merusak bukan berarti kita harus meninggalkan aktivitas / pekerjaan pertambangan, melainkan bagaimana agar aktivitas pertambangan dapat tetap dilakukan untuk kelangsungan hidup manusia dengan meminimalisir perusakan lingkungan yang memang akan tetap kita pijak dan tempati ini sampai akhir hidup.

Dan Saya yakin, Pemerintah dan pihak yang terkait pada pertambangan sudah mempertimbangkan hal tersebut, seperti dapat kita lihat terdapat panduan untuk melakukan pekerjaan pertambangan, yaitu Good Mining Practice sehingga kegiatan operasional pertambangan dapat dijalankan dengan mentaati peraturan-peraturan yang sudah diberlakukan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2