Mohon tunggu...
Egi Sukma Baihaki
Egi Sukma Baihaki Mohon Tunggu... Blogger|Aktivis|Peneliti|Penulis

Penggemar dan Penikmat Sastra dan Sejarah Hobi Keliling Seminar

Selanjutnya

Tutup

Finansial Pilihan

Pandemi dan Perubahan Perilaku Keuangan: Semua Diakses dan Dinikmati dari Genggaman Sambil Rebahan

6 November 2020   13:02 Diperbarui: 6 November 2020   13:11 74 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pandemi dan Perubahan Perilaku Keuangan: Semua Diakses dan Dinikmati dari Genggaman Sambil Rebahan
Para Narasumber Kopiwriting Maybank (Dokumentasi Pribadi)

"Inovasi yang berkelanjutan dari M2U adalah bentuk perwujudan brand promise Maybank-Humanising Financial Service, yaitu untuk menghadirkan solusi yang dapat menjawab kebutuhan finansial konsumen di mana pun fase kehidupannya, baik anak muda, profesional, keluarga muda, businessman/woman, paruh baya atau di usia matang/golden age. Aplikasi M2U hadir untuk mengisi dan memenuhi kehidupan finansial mereka."

Michel Hamilton - Chief Strategy, Transformation & Digital Officer, Maybank Indonesia

Pandemi telah banyak berpengaruh dalam beragam sektor termasuk merubah pola aktivitas manusia. Transaksi digital menggunakan aplikasi menjadi sebuah keniscayaan yang tak terbantahkan. Transaksi, jual-beli sudah mulai beralih menggunakan teknologi.

Sudah beberapa bulan kita harus berjuang melawan Corona dan mulai membiasan diri untuk hidup bersih dengan menjaga kesehatan. Pandemi kali ini memang berpengaruh besar dan berdampak dalam banyak hal. Imbasnya, merubah kebiasaan dan pola masyarakat secara umum.

Aktivitas terasa dibatasi geraknya demi menjaga kesehatan bersama. Mobilitas masyarakat kita pada umumnya berkurang secara drastis saat pemberlakukan PSBB di beberapa wilayah serta saat mulai diterapkannya para pekerja untuk bekerja dari rumah (Work from Home).

Situasi ini melahirkan perubahan perilaku masyarakat dalam banyak hal terutama dalam sektor ekonomi dan perbankan.

Disadari atau tidak, nyatanya beragam aktivitas penggunaan teknologi di bidang ekonomi dan keuangan nyatanya telah banyak dilakukan oleh sebagian besar masyarakat dalam menunjang kehidupannya sehari-hari.

Apakah Anda pernah memesan makanan melalui aplikasi digital? Apakah Anda pernah menggunakan aplikasi transportasi digital untuk berpergian, pergi ke sekolah atau ke tempat kerja? Apakah Anda pernah membeli atau menjual sesuatu melalu aplikasi digital? Apakah Anda pernah membayar cicilan, tagihan dan biaya lainnya melalui aplikasi digital? Pasti jawabannya pernah dan masih dilakukan hingga saat ini.

Saya yakin Anda sudah tidak asing dengan kegiatan yang satu ini. Mulai dari bangun tidur, hingga tidur lagi, terkadang transaksi keuangan digital sudah melekat dan menjadi bagian dari hidup kita. Sekarang, semua memang sudah bisa dilakukan menggunakan digital.

Pandemi membuat aktivitas dan mobilitas masyarakat beralih di saat ruang gerak dan aktivitas dibatasi, menjadi beralih ke penggunaan media-media digital atau aplikasi untuk mendukung kebutuhan sehari-hari mereka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x