Mohon tunggu...
Effendy Wongso
Effendy Wongso Mohon Tunggu... Penulis - Jurnalis, fotografer, pecinta sastra

Jurnalis, fotografer, pecinta sastra

Selanjutnya

Tutup

Puisi Pilihan

Si Tuwir yang Beruntung dari Cacar Monyet

22 Agustus 2022   15:58 Diperbarui: 22 Agustus 2022   15:59 259
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi penularan cacar monyet. / (Foto: AP/Martin Mejia)

Usiaku kini menginjak 52
tua, sudah pasti

Anak-anak milenial saat ini menyebutku tuwir
Ya, tuwir yang dalam bahasa gaul artinya 'tua'

Tak peduli 'tua' atau 'tuwir'
ini memang kenyataan kalau aku sudah uzur
sebab rambut yang menguban
dan gigi yang mengeropos
adalah gambaran satire setiap manusia
: lahir, tua, sakit, dan mati
itu pasti!

Aku telah meniti jembatan kehidupaan di bumi ini
tak terasa, setengah abad lebih
dan nyaris separo hidupku habis dalam sisi
hitam dan putih

Kendati tubuh sudah ringkih
toh "ia" harus makan
untuk sekadar bertahan
atau "ia" perlu vaksin agar memiliki kekebalan
terhadap virus corona

Hari ini aku Si Tuwir cukup bahagia
ada kabar menggembirakan dari Menkes Budi Gunadi Sadikin
katanya, kebanyakan orang kelahiran 1980 ke bawah
memiliki antibodi untuk melawan virus cacar monyet

"Jadi buat teman-teman yang lahir 1980 ke bawah kayak saya ini,
tua-tua itu terproteksi. Mungkin nggak 100 persen, tapi terproteksi".

Itu kata Menkes Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers
'Health Working Group Meeting G20'
di Nusa Dua, Badung, Bali, Senin 22 Agustus 2022

Aku tersenyum
kendati sudah 'tuwir'
tapi aku cukup beruntung
karena tak perlu vaksin cacar monyet lagi!

Aku Si Tuwir
lahir di tahun 1970-an!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Puisi Selengkapnya
Lihat Puisi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun