Mohon tunggu...
Effendy Wongso
Effendy Wongso Mohon Tunggu... Wartawan, fotografer, cerpenis, penulis, pecinta sastra, dan guru Sekolah Minggu Buddha (SMB)

Wartawan, fotografer, cerpenis, penulis, pecinta sastra, dan guru Sekolah Minggu Buddha (SMB)

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Bulgogi, Makanan Korea Ikonik yang Digemari K-Popers

7 Maret 2021   12:25 Diperbarui: 7 Maret 2021   13:07 231 31 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bulgogi, Makanan Korea Ikonik yang Digemari K-Popers
Beef Bulgogi. (Effendy Wongso/Dok. Pribadi)

Menyoal Korea Selatan atau disingkat Korsel, memang tidak ada habisnya. Nyaris dua dasawarsa, negara asal boyband kenamaan Bangtan Boys (BTS) ini merajai industri hiburan dunia.

Tak pelak, hal itu menghidupkan banyak sendi terkait entertainment. Tetapi, nyatanya bukan terkait hiburan saja namun Korsel, selanjutnya lebih sering disebut "Korea" saja ini juga unggul di bidang lain, sebut saja dalam teknologi telepon pintar (smartphone) dan otomotif. Ini beralasan jika menelisik brand smartphone mereka yang populer, Samsung ataupun dalam industri kendaraan roda empat, Hyundai.

Terkait kuliner, Negeri Gingseng ini juga menggigit dan tidak kalah dengan popularitas menu Asia yang sebelumnya didominir Jepang. Berbagai varian makanan Korea sudah menjadi menu internasional yang digemari warga dunia. Sebut saja Bulgogi dan Kimchi.

Lagi-lagi, penulis yang juga bertugas sebagai salah satu jurnalis daring nasional belum lama ini kembali diundang untuk meliput salah satu makanan Korea di salah satu resto di Kota Kupang, Waroenk Resto.

Seperti diketahui, tempat makan representatif yang identik dengan segmen anak muda tersebut sebelumnya juga menyediakan minuman Korea, Bingsoo yang sudah dibahas penulis di Kompasiana.

Korean Chicken Pop. (Effendy Wongso/Dok. Pribadi)
Korean Chicken Pop. (Effendy Wongso/Dok. Pribadi)

"Selain Bulgogi, kami juga menyediakan menu Korea lainnya seperti Korean Chicken Pop, Korean Shrimp Rice, dan Sticky Wings," papar Marketing Communication and Public Relation Waroenk Resto Merlin Sinlae saat ditemui di Waroenk Resto, Jalan WJ Lalamentik, Oebufu, Kota Kupang.

Merlin menambahkan, dari serangkaian menu Korea, Bulgogi yang dibanderol cukup terjangkau Rp 40.000 menjadi menu terfavorit pelanggan. Menu itu dinamakan "Beef Bulgogi", dengan bahan daging sapi pilihan yang empuk dan gurih

"Kami sudah menyediakan beberapa menu Korea tadi sejak peluncuran Waroenk Resto pada 8 Juli 2017 lalu. Makanan Korea ini adalah yang pertama kami luncurkan di Kota Kupang," demikian klaimnya.

Merlin mengatakan, makanan Korea tadi, selain unik dan lezat juga populer karena didongkrak tren terkait Korea.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN