Mohon tunggu...
Eduardus Fromotius Lebe
Eduardus Fromotius Lebe Mohon Tunggu... Dosen - Penulis dan Konsultan Skripsi

Menulis itu mengadministrasikan pikiran secara sistematis, logis, dan dapat dipertanggungjawabkan.

Selanjutnya

Tutup

Digital Artikel Utama

Literasi Digital Menyambut Era Disrupsi

20 Oktober 2021   21:28 Diperbarui: 22 Oktober 2021   13:00 1015 40 7
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi Era Disrupsi (sumber: shutterstock via kompas.com)

Di tengah arus teknologi dan informasi  yang kian deras, seluruh tatanan kehidupan masyarakat mengalami perubahan. Perubahan akibat perkembangan teknologi dan informasi yang kian masif. 

Selain itu,  teknologi dan informasi  mampu berpenetrasi di seluruh lapisan masyarakat tanpa memandang status sosial. Akibatnya, pola kehidupan  yang lama secara perlahan mulai ditinggalkan oleh masyarakat luas.

Perubahan teknologi di bidang komunikasi, misalnya handphone telah memudahkan seseorang untuk berkomunikasi dengan orang lain walaupun berada di lain tempat. 

Handphone tidak lagi hanya dimiliki oleh masyarakat lapisan kelas atas melainkan juga masyarakat kelas bawah. Dari anak-anak sampai orang tua, dari petani sampai pejabat semua mengenal handphone dan juga memilikinya.

Handphone telah menggantikan peran surat yang secara praktis tidak efektif dan efisien.

Dahulu masyarakat menggunakan surat untuk berkomunikasi satu dengan yang lain. Keberadaan "sahabat pena" menjadi salah satu bukti nyata peran penting surat dalam sejarah peradaban manusia di bidang komunikasi. Handphone telah mengambil alih seluruh peran surat, walau pun tidak semuanya.

Handphone telah mengambil peran yang dominan karena secara langsung dapat berkomunikasi dua arah, dalam waktu bersaman sekali pun berada ditempat yang berbeda. 

Itulah kekuatan teknologi yang bernama handphone. Perkembangan seperti ini memaksa setiap individu harus cepat beradaptasi agar agar tidak ketinggalan zaman.

Disrupsi Teknologi Digital

Perkembangan teknologi digital memicu munculnya berbagai inovasi  dalam tatanan kehidupan manusia. Inovasi-inovasi tersebut memudahkan mobilitas serta kerja manusia. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Digital Selengkapnya
Lihat Digital Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan