Mohon tunggu...
I Ketut Suweca
I Ketut Suweca Mohon Tunggu... PNS, Dosen, Penulis, dan Pencinta (Berat) Literasi

Kecintaannya pada dunia literasi membawanya suntuk berkiprah di bidang penulisan artikel dan buku. Baginya, hidup yang berguna adalah hidup dengan berbagi kebaikan, antara lain, melalui karya tulis.

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

Menyunting Itu Sangat Penting, Jangan Pernah Diabaikan!

31 Mei 2021   19:19 Diperbarui: 31 Mei 2021   19:27 192 33 19 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menyunting Itu Sangat Penting, Jangan Pernah Diabaikan!
Menyunting Itu Sangat Penting (Sumber gambar: notetosarah.tumblr.com)

Kata lain menyunting adalah mengedit atau editing. Menyunting dimaknai sebagai kegiatan untuk memperbaiki sebuah karya tulis agar menjadi lebih baik sebelum diterbitkan. Aspek yang diedit biasanya meliputi sistematika penulisan, isi, dan bahasa.

Penyuntingan sangat menentukan kualitas sebuah karya. Oleh karena itu, pekerjaan menyunting menjadi pekerjaan yang berpengaruh terhadap hasil akhir.

Jika penyuntingan dilakukan dengan baik, maka hasil karya tulis pun akan baik. Sebaliknya, jika penyuntingan dilakukan sekadarnya, apalagi serampangan, maka jangan berharap hasil akhirnya akan bagus.

Saya sudah pernah merasakan akibat dari kurangnya penyuntingan. Ketika sebuah buku diterbitkan secara terburu-buru, tanpa penyuntingan yang baik, maka hasilnya sangat menyedihkan. Salah satu buku saya seperti itu.

Buku tersebut membuat saya jadi menyesal, mengapa tidak saya sunting dengan baik sebelum diterbitkan. Atau, mengapa saya tidak meminta bantuan ahli untuk mengeditnya.

Ketika buku itu sudah terbit untuk kemudian dibedah dalam suatu acara bedah buku, saya merasakan betapa buku itu banyak sekali kesalahan ketiknya.

Orang yang turut dalam acara bedah buku belum sempat membaca buku saya itu. Tetapi, saya jelaskan secara gamblang mengenai isi buku dan kekurangannya. Saya akui kekurangan dalam penyuntingannya.

Pentingnya Penyuntingan

Dari kejadian tersebut saya belajar betapa pentingnya penyuntingan itu. Tidak hanya terhadap buku, juga terhadap artikel yang saya tulis.

Mengetahui telah terjadi kesalahan dalam pengetikan ketika sebuah artikel sudah tayang, terasa tidak enak, bukan? Kita akan merasa terganggu atas kesalahan tersebut, sekecil apa pun kekeliruan itu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x