Mohon tunggu...
I Ketut Suweca
I Ketut Suweca Mohon Tunggu... PNS, Dosen, Penulis, dan Pencinta (Berat) Literasi

Kecintaannya pada dunia literasi membawanya suntuk berkiprah di bidang penulisan artikel dan buku. Baginya, hidup yang berguna adalah hidup dengan berbagi kebaikan, antara lain, melalui karya tulis.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Mengagumkan, 2 Siswa SMP Berhasil Menulis dan Menerbitkan Novel!

5 April 2021   19:39 Diperbarui: 5 April 2021   20:02 262 28 10 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengagumkan, 2 Siswa SMP Berhasil Menulis dan Menerbitkan Novel!
Dua novel karya siswa (dok.pribadi).

Yang mungkin tergambar dalam benak kita mengenai kemampuan literasi -- khususnya menulis, pada siswa SMP adalah bahwa mereka masih dalam proses menambah pengetahuan di bidang  keterampilan berbahasa tulis dan literasi pada umumnya.

Akan tetapi, bagaimana kalau ternyata ada siswa SMP yang sudah berhasil menulis dan menerbitkan novel perdananya? Saya sungguh terkejut dan kagum!

Mau tahu lebih lanjut? Mari ikuti kisah berikut ini.

Berkunjung ke Perputakaan

Saya berkesempatan mengunjungi sebuah perpustakaan sekolah yang terletak di ujung timur laut Pulau Bali. Tepatnya di SMP Negeri 2 Tejakula, Kecamatan Tejakula, Kabupaten Buleleng.

Kalau dari Bandara I Gusti Ngurah Rai di Denpasar, dibutuhkan waktu perjalanan kurang-lebih 3,5 jam perjalanan. Maklum saja, SMP N 2 Tejakula ini terletak timur laut, sementara airport di sisi selatan Pulau Bali.

Saya sempat berjumpa dan berbincang-bincang dengan kepala sekolah setempat dan kepala perpustakaannya. Dari merekalah saya mengetahui perkembangan perpustakaan sekolah itu, sekaligus mengetahui bahwa ada dua siswa di sana telah berhasil menulis dan menerbitkan novel pertama mereka.

Begitu mendapat informasi tentang siswa yang sukses menulis novel, saya menjadi sangat penasaran. Benarkah? Begitu saya membatin.

Saya minta kepada kepala perpustakaan setempat untuk  berkenan memperlihatkan buku karangan kedua siswa tersebut.

Dan, ternyata benar. Saya disodorkan dua buku novel, yang diambil dari kelompok buku-buku novel di rak perpustakaan setempat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN