Mohon tunggu...
Eca Marlina
Eca Marlina Mohon Tunggu... Lainnya - Travelling keliling dunia adalah cita-citaku
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Pecinta jalan-jalan, bercita-cita untuk menjadi sukses, dan menginspirasi sekitar.

Selanjutnya

Tutup

Money

Trauma Masa Lalu: Ketika Kawan Menjadi Lawan di Dunia Bisnis

11 Februari 2021   10:42 Diperbarui: 11 Februari 2021   11:05 404
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber foto: freepik

Pukul 23.00 WIB. Saya masih berada di perjalanan pulang, pekerjaan hari ini terasa lebih berat jika dibandingkan hari-hari lalu. Menikmati angin malam sambil melamun, membuat saya akhirnya mengingat kejadian di masa lalu. Lembaran yang terbuka adalah peristiwa tujuh tahun lalu, dimana saat itu saya masih menjalani sebuah bisnis.

Saya bangga pada sifat ambisius saya saat menjadi pebisnis yang memiliki tugas sebagai perantara transaksi jual-beli. Bukannya mau sombong, beberapa klien sangat puas dengan pelayanan saya. Semula hanya 8 klien, seiring dengan berjalannya waktu saya dan tim mengurusi ratusan klien.

Bisa dikatakan, saya adalah tipe yang tidak suka berburuk sangka kepada orang lain. Intinya, saya murni untuk berbisnis. Sampai akhirnya ada satu peristiwa yang membuat saya memutuskan untuk berhenti menjadi pebisnis.

Berbagai tuduhan, cacian, hingga yang terburuknya pembatalan kerja sama dari klien mulai menimpa bisnis saya. Bahkan, 90 persen dari klien mengatakan bahwa saya tidak adil dalam hal jual-beli. Saya dan tim berusaha semaksimal mungkin untuk kembali mendapatkan kepercayaan dari mereka, namun hasilnya nihil.

Sepi. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan kondisi bisnis saya saat itu. Sepanjang waktu, saya mencari tahu kebenarannya, akar dari masalah ini. "Bagaimana bisa saya dibilang tidak adil?", pertanyaan tersebut selalu memenuhi pikiran saya.

Hingga akhirnya, saya menemukan jawabannya. Cukup mengejutkan, kawan saya yang juga profesinya sebagai pebisnis yang nekat menyebarkan fitnah kepada klien-klien saya. Kita sebut saja C.

Yang saya tahu, C adalah seseorang yang pekerja keras. Dirinya membangun usaha kecil hingga namanya besar sampai saat ini tidak main-main. Apa yang membuat C nekat untuk menyebarkan berita yang kenyataannya pun tidak benar?

Kami berdua sama-sama pebisnis, tujuannya tentu ingin memperoleh keuntungan sebanyak-banyaknya tanpa embel-embel politik di dalamnya. Namun sepertinya, C sudah melupakan tujuan utamanya. Dia gelap mata. Tidak ingin melihat bisnis saya berkembang.

Sepertinya C sudah gelap mata. Entah yang diincar saat ini keuntungan saja, atau kepentingan politik, ataukah...kekuasaan?

Tidak terasa saya sudah tiba di depan rumah. Kenangan di masa lalu yang sebenarnya sudah saya maafkan, sayangnya masih sering diingat. Kira-kira, bagaimana dengan kabarnya ya?

Apakah C juga menyikut pebisnis-pebisnis lainnya? Semoga saja sih sudah berubah. Menjadi yang lebih baik tentunya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun