Mohon tunggu...
Abdurrahman Faiz
Abdurrahman Faiz Mohon Tunggu... Mahasiswa

Hidup adalah pilihan. Lawan alasan keterbatasan dengan ikhtiar dan doa.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Keterampilan Berbicara

11 Juni 2021   21:31 Diperbarui: 12 Juni 2021   11:11 39 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Keterampilan Berbicara
Foto: Walpaperlist.com

Keterampilan Berbicara

A. Presentasi


Presentasi adalah suatu bentuk komukasi lisan mengenai penyampaian informasi kepada orang lain dengan berbagai tujuan.

Tata Cara dan Etika Presentasi Ilmiah

Presentasi ilmiah akan berhasil jika penyaji menaati tata cara yang lazim. Jika diperlukan, bahan dapat dilengkapi dengan ilustrasi yang relevan. Apabila bahan ditayangkan, harus dipastikan bahwa semua peserta dapat melihat layar dan dapat membaca tulisan yang disajikan. Kedua, penyaji menyajikan bahan dalam waktu yang tersedia.

Untuk itu, penyaji perlu merencanakan penggunaan waktu dan menaati panduan yang diberikan oleh moderator. Ketiga, penyaji menaati etika yang berlaku di forum ilmiah. Dalam forum tersebut ada beberapa peran yang dimainkan oleh aktor yang berbeda, yakni penyaji, pemandu , notulis, peserta, dan teknisi. Semua pihak wajib melakukan132 tugasnya dan menjaga agar jalannya presentasi ilmiah dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan aturan main yang telah ditetapkan.

Etika berkaitan dengan keyakinan dan prinsip mengenai mana yang benar dan mana yang salah serta mana yang patut dan mana yang tidak patut. Satu nilai yang harus dipegang dalammenjaga etika adalah menjaga perilaku agar tidak merugikan orang lain. Sementara itu, apabila seseorang telah melakukan sesuatu yang sangat berharga, ia mempunyai hak untuk mendapatkan pengakuan. Hal lain yang perlu diperhatikan oleh penyaji dalam etika adalah kejujuran.

Setiap orang wajib bersikap sangat terbuka dalam segala hal menyangkut informasi yang dsajikan. Adapun etika yang harus dijaga oleh peserta antara lain adalah sebagai berikut. Selain itu, setiap peserta wajib menghargai pendapat/gagasan orang lain dan hal ini mensyaratkan bahwa dia wajib menyimak apabila ada orang yang berbicara . Akan lebih bagus jika penanya menunjukkan apresiasi positif terhadap jawaban yang telah diberikan.

Etika yang harus dijaganya adalah bahwa dia harus adil. Artinya, semua peserta sedapat-dapatnya memperoleh kesempatan yang relatif sama dalam berpartisipasi aktif selama forum berlangsung. Demikian juga keseimbangan dalam hal waktu atau jumlah pertanyaan yang boleh diajukan oleh peserta. Selain adil, seorang moderator juga harus menaati jadwal atau waktu yang telah ditentukan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN