Mohon tunggu...
Dwi Utomo
Dwi Utomo Mohon Tunggu... Fiskus sekaligus rakyat jelata

Saat ini bekerja di kantor pajak di Batu, Jawa Timur. Mempunyai minat menekuni dunia grafis dan informasi teknologi ringan. Mempunyai blog yang isinya sekitar pajak di www.contohpajak.com

Selanjutnya

Tutup

Tekno

Aplikasi Portabel, Solusi PC Kantoran

6 September 2017   14:46 Diperbarui: 6 September 2017   14:51 556 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Aplikasi Portabel, Solusi PC Kantoran
dok.pribadi

Bagi yang pernah kerja dengan PC kantoran, kadang jengkel rasanya ketika komputer kantor yang dipakai kerja dibatasi untuk menambah program atau aplikasi favorit. Biasanya PC yang tersambung pada jaringan intranet apalagi yang sudah tergabung dengan joint domain maka user tidak bisa menambah/menghapus aplikasi tanpa seijin dari bang adminnya, ya kecuali Anda tahu apa login adminnya mah mending.

Memang tujuan pembatasan oleh admin IT biasanya untuk mencegah terpasangnya program ilegal atau program yang dikahawatirkan membawa virus/malware. Tahu sendiri kan, softwarebajakan di Indonesia berlimpah dari berbagai sumber tetapi diragukan keamanannya. Jangan sampai deh karyawan dengan program favoritnya malah merusak jaringan kantor karena terinfeksi virus dan kawan-kawannya.

Selain karena faktor keamanan, biasanya pembatasan hak akses user tujuannya agar tidak ada program yang tidak berkaitan langsung dengan pekerjaan kantor terpasang disitu. Misal masang aplikasi game jelas bikin karyawan nggak produktif.

Nah gimana caranya agar sebagai user biasa dapat menambah beberapa program pendudkung di PC kantor yang dibatasi hak akses administrasinya? Saya punya tipsnya:

  1. Minta adminnya masangkan/menghapus program yang kita mau
    Ini solusi sederhana, apalagi jika si admin adalah teman nongkrong bareng bisa jadi diijinkan tentunya dengan pertimbangan admin bahwa program yang terpasang adalah aman
  2. Minta ijin pimpinan
    Jika si admin tidak mau instal program yang kita butuhkan, minta ijin aja ke boss besar, kalo boss oke, admin sebagai bawahan pasti ngikut juga
  3. Gunakan aplikasi portabel
    Ada beberapa penyedia aplikasi portabel, tetapi salah satu yang populer adalah PortableApps.com. 

dok.pribadi
dok.pribadi
Seperti namanya, pengguna windows dapat mengunduh semacam launcher/start menu terlebih dulu (cuma 4 MB-an), setelah diekstrak dapat kita akses dari systray dan tinggal tambahkan program yang kita perlu. Program yang ada di database PortableApps berlisensi opensourcesemua yang pastinya gratis. Jadi tinggal cari program yang mempunyai fungsi serupa dengan aplikasi komersil/berbayar yang kita mau. Misal untuk olah foto gunakan Gimp, olah gambar vektor gunakan Inkscape atau aplikasi pengganti MicrosoftOffice gunakan LibreOffice dan banyak lagi lainnya.

dok.pribadi
dok.pribadi
Tidak hanya aplikasi saja yang ada portabelnya, ada juga game-game ringan dan utiliti kecil yang bermanfaat. Jangan khawatir virus karena aplikasi opensource dari sumber terpercaya maka aman dan gratis untuk menunjang pekerjaan kita di kantor. 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x