Mohon tunggu...
Dwi Cahyani
Dwi Cahyani Mohon Tunggu... Guru - Guru Kelas 4 SD Negeri Sidorejo Lor 01 Kota Salatiga

Memiliki hobi membaca buku

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Implementasi Penggunaan Model Project Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Kelas 4

7 Desember 2022   16:00 Diperbarui: 7 Desember 2022   16:05 2706
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Lokasi  : SD Negeri Sidorejo Lor 01

Tujuan yang ingin dicapai : Meningkatkan kemampuan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dalam memahami materi Bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya

Penulis  : Dwi Cahyani, S.Pd.

Tanggal : Kamis

Kondisi Yang Menjadi Latar Belakang Masalah

Setelah dilakukan refleksi pengalaman pembelajaran yang terjadi di kelas 4, terlihat bahwa model pembelajaran yang digunakan guru masih sangat monoton. Pembelajaran masih terkesan 1 arah dengan di dominasi guru. Guru lebih banyak melakukan ceramah dan menggunakan LKS sebagai alat bantu siswa dalam melakukan kegiatan pembelajaran. 

Tidak adanya media konkrit dan digital yang dapat mewakili setiap siswa dalam membangun pengetahuan juga menjadi masalah di pembelajaran kelas 4 ini. Hal tersebut membuat siswa merasa bosan untuk mengikuti kegiatan pembelajaran sehingga tingkat pemahaman siswa terhadap materi sangat rendah. 

Oleh karena itu setelah dilakukan eksplorasi alternatif solusi maka terpilihlah penggunaan Model Project Based Learning (PjBL), Metode Permodelan dengan Media konkrit tumbuhan asli dan Media Aughment Reality (AR) dalam pembelajaran PjBL sebagai solusi untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya pada mata pelajaran IPA. Hal tersebut karena metode permodelan mewakili pengetahuan yang abstrak menjadi lebih konkrit dengan memberi contoh permasalahan dalam kehidupan sehari hari sehingga mudah dipahami siswa.

Selain itu model PjBL ini juga memberi kesempatan siswa untuk berpikir kritis dalam menganalisis setiap masalah yang di aplikasikan dengan membuat produk atau proyek dari masing masing kelompok berupa papan tumbuhan. Dengan membuat proyek tersebut akan memberikan pengalaman berharga, meningkatkan pemahaman dan kreativitas siswa.

Mengapa Praktek Ini Penting Untuk Dibagikan ?

Praktek baik dalam kegiatan pembelajaran ini penting untuk dibagikan kepada orang lain karena akan memberikan referensi bagi mereka dalam mengatasi berbagai masalah terutama terkait rendahnya pemahaman siswa terhadap materi bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya. Serta memotivasi guru untuk menyajikan pembelajaran yang terbaik bagi siswa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun