Mohon tunggu...
Ign Joko Dwiatmoko
Ign Joko Dwiatmoko Mohon Tunggu... Guru - Yakini Saja Apa Kata Hatimu

Jagad kata

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Hobi dan Tantangannya

5 Juli 2021   11:56 Diperbarui: 5 Juli 2021   13:00 106 11 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Hobi dan Tantangannya
Hobi menyehatkan salah satunya menanam tanaman hias (klikdokter.com)

Benarkah hobi itu menyehatkan? Benarkah apa yang kita senangi itu membuat senang orang lain terutama anggota keluarga lainnya. Dalam pola pikir manusia sebagai individu, tidak semua hobi diterima dan disukai oleh anggota keluarga lainnya, terkadang malah membuat stres dan menjadi biang percekcokan. Lalu bagaimana agar hobi kita tidak membuat saudara, suami, istri anak malah menjadi uring- uringan.

Memelihara Burung

Ada beberapa hobi yang bisa menimbulkan pergesekan antara pasangan. Hobi memelihara burung. Jika seorang suami mempunyai hobi yang menyita waktu, membagi perhatian dan berpotensi mengabaikan kewajiban, lebih asyik dengan hobinya maka bisa saja hobi bukannya berkah dan menyehatkan tetapi malah bisa membuat riuh jiwa dan hampir setiap hari berantem gara- gara hobi. 

Untuk mengatasi percekcokkan sebaiknya pasangan diberi pengertian akan manfaat hobi tersebut. Namun hobi tidak perlu juga membuat perhatian pada yang lain terabaikan. Seorang yang tengah menikmati hobinya harus sadar bahwa hobi itu hanyalah selingan dari tugas pokok misalnya kepala keluarga untuk mencari nafkah, selalu bisa menyediakan waktu bersenda gurau bersama keluarga.

hobi memelihara burung dilakukan sesuai porsinya (tribunyogya.tribunnews.com)
hobi memelihara burung dilakukan sesuai porsinya (tribunyogya.tribunnews.com)
Hobi yang dilakukan tidak boleh membuat keluarga atau pasangan terteror atau merasa diabaikan. Jadi punya hobi itu baik tetapi perhatian kepada keluarga juga lebih penting.

Hobi Memancing

Banyak hobi yang menyita perhatian dan tentu saja pengeluaran tambahan. Memancing tampaknya sebuah hobi yang mengasyikkan. Memancing merupakan hobi yang menantang, terutama bila memancingnya di laut, ada orang yang hampir tiap pekan menghabiskan waktu untuk memancing.  

Apalagi memancingnya di laut lepas yang memerlukan modal yang tidak sedikit untuk membeli peralatan memancing yang kuat dan tahan jika menerima tantangan memancing ikan besar yang butuh alat pancing yang berkualitas.

Mereka yang hobi memancing harus membicarakan dulu dengan keluarga. Sebab kadang kadang hobi seperti memancing itu bisa membuat keluarga sering cekcok, sering muncul pergesekan dalam hal pengaturan waktu /Me Time. 

Jika memaksakan diri menekuni hobi yang membuat relasi rumah tangga menjadi renggang sebaiknya pikirkan matang- matang. Hobi tidak harus mengganggu hubungan komunikasi antar keluarga.

Naik Gunung 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN