Mohon tunggu...
Dwi Ariny Rahmawati
Dwi Ariny Rahmawati Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswi

Penikmat kata

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Setan Gepeng Jelmaan Gawai

1 Juni 2020   23:08 Diperbarui: 1 Juni 2020   23:01 121 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Setan Gepeng Jelmaan Gawai
Edukasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pengangkatan topik pilihan oleh crew kompasiana terkait penggunaan gawai pada anak adalah hal yang sangat menarik. Dimana saat ini anak dianjurkan untuk dirumah saja, begitu membosankan bukan? 

Salah satu pelarian bagi anak tidak lain adalah bermain gawai atau juga menonton televisi, disini peran orang tua lah yang sangat diperlukan. 

Saya rasa dampak negatif maupun positif terhadap penggunaan gawai pada anak sudah diketahui oleh semua khalayak, namun yang jadi masalahnya adalah menerapkan bagaimana agar teknologi canggih ini dapat berfungsi sesuai dengan ranahnya hingga menimbulkan dampak yang positif bagi pengguna, bukan malah menjadi "setan gepeng" yang sangat merugikan.

Untuk para orang tua khususnya yang masih memiliki anak kecil pastinya pernah mengalami hal berebut gawai dengan anaknya, hal itulah yang terkadang sangat susah untuk dikendalikan, tidak jarang orang tua mengalah dan akhirnya menyerahkannya kepada anak demi sang anak agar tidak menangis. Apakah keputusan seperti itu sudah benar?, atau justru malah sangat beresiko bagi anak?.

Marilah bersama menjadi orang tua yang cerdik, lebih waspada saat sedang menggunakan gawai, mencari tempat dan waktu yang tepat agar sang anak tidak merasa iri saat melihat orang tuanya bermain gawai, walaupun pada dasarnya memegang gawai itu untuk bekerja atau kepentingan lainnya. 

Apalah daya anak kecil yang tidak mengerti urusan orang dewasa, mereka hanya menginginkan suatu hal yang membuatnya happy dan tidak lagi bosan.

Pantau terus anak ketika sedang menggunakan gawai dan kontrollah selalu gawai anda, pastikan sang anak tidak membuka aplikasi atau situs yang merugikan, baik bagi anak maupun bagi orang tua itu sendiri.

Rupanya kecanggihan teknologi yang satu ini cukup memudahkan para orang tua saat menggontrol gawainya, mode ranah anak yang tertera dalam gawai bisa dijadikan solusi yang tepat. 

Mengaktifkan mode ranah anak dapat menghindari hal-hal merugikan yang tentunya tidak diinginkan ketika hal negatif itu terjadi, dan pastinya memudahkan pengontrolan gawai bagi orang tua. Caranya cukup mudah (disini saya menggunakan Oppo A7) yaitu:

  1. Masuk ke pengaturan
  2. Klik bagian keamanan
  3. Pilih mode ranah anak
  4. Atur waktu penggunaan pada "durasi setiap penggunaan"
  5. Atur aplikasi yang dapat diakses oleh anak pada "aplikasi yang boleh di akses", disini dapat dipilih beberapa aplikasi yang boleh digunakan oleh anak seperti musik, game, dan youtube (dianjurkan untuk menggunakan youtube kids)
  6. Lalu klik "masuki ranah anak"
  7. Setelah itu akan muncul beberapa aplikasi yang diizinkan untuk diakses oleh anak sesuai yang sudah di setting tadi.

Mudah bukan? Silahkan mencoba.

Jadikan gawai sebagai sumber informasi dan hal baik lainnya, jangan sampai menjelma menjadi "setan gepeng" hingga merugikan kita semua. Terimakasih, semoga bermanfaat.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN