Mohon tunggu...
Dwi Indah Fatmawati
Dwi Indah Fatmawati Mohon Tunggu... Guru - Guru - Ibu Rumah Tangga

Penulis cerpen Mereka Bilang Aku Bodoh

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Sekilas tentang Jambu Biji, Jenis dan Khasiatnya

19 Mei 2022   08:03 Diperbarui: 19 Mei 2022   08:18 114 4 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Siapa nih yang tidak kenal dengan buah jambu biji ?

Kalau orang Indonesia tentu semuanya familiar dengan buah satu ini. Buah yang berbentuk bulat, berkulit hijau muda. Daging buahna ada yang berwarna merah dan ada yang berwarna putih. Di dalamnya terdapat banyak biji kecil-kecil, sehingga buah ini pun dinamai dengan nama jambu biji.

Pada waktu, saya kecil, sekitar tahun 90 an, saya memiliki pohon jambu besar di depan rumah. Biasanya saya dan teman-teman saya menggunakan pohon jambu ini untuk bermain. Kami memanjat pohon jambu dan duduk-duduk di cabang pohonnya yang besar. Jambu jaman saya kecil, buahnya tidak terlalu besar dan rasanya pun tidak seenak jambu jaman sekarang.

Varian jambu bangkok dengan buah yang besar dan daging buah yang renyah muncul kemudian, banyak orang yang mulai menanam jambu jenis ini di pekarangan rumah mereka. Pohon jambu bangkok tidak terlalu besar dan tidak terlalu tinggi, tapi buahnya yang besar yang mencapai bobot satu 250 gram per buah menjadi daya tarik tersendiri.

Varian jambu biji merah juga merupakan salah satu jambu yang menjadi favorit banyak orang. Jambu biji merah memiliki kandungan vitamin yang tinggi dan katanya mampu meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah. Jambu biji merah dalam bentuk jus, sering diberikan kepada anak-anak ataupun orang dewasa yang sedang terkena penyakit demam berdarah.

Jambu biji yang paling populer belakangan ini adalah jenis jambu kristal. Jambu biji kristal memiliki rasa yang manis dan renyah, serta memiliki biji yang sangat sedikit bahkan kadang tidak ada biji di dalamnya. Jambu kristal selain dimakan biasa, juga biasa dikonsumsi dengan campuran bumbu yang disebut rujak bangkok. 

Rujak bangkok ini tidak seperti rujak yang biasa kita kenal. Bumbu rujak bangkok hanya terdiri dari bubuk cabe, garam, gula dan sedikit terasi. Jambu kristal yang telah dicuci bersih kemudian dipotong-potong lalu dicampur dengan bumbu rujak kering tadi. Rasanya sungguh enak dan menyegarkan.

Jambu termasuk buah-buahan tropis yang sangat mudah tumbuh di negara kita. Tanpa perlu perawatan khusus pun jambu masih dapat berbuah dengan baik. Sungguh beruntung bagi kita yang tinggal di Indonesia ini bukan.

Daging buah jambu dikenal mempunyai kandungan vitamindan mineral yang cukup tinggi sehingga dapat mencegah terjadinya kanker, menjaga kesehatan mata, meredakan sariawan, dan lain-lain. 

Bagi yang ingin menurunkan berat badan, kandungan serat dalam buah jambu juga disebut dapat memperlancar pencernaan, dan membuat kulit tetap sehat. Banyak sekali khasiat buah jambu dalam menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh kita.

Selain buahnya, ternyata daun jambu juga mempunyai khasiat dalam bidang pengobatan. Telah dikenal lama dan turun-temurun bahwa pucuk daun jambu dapat digunakan untuk meredakan diare. Rasanya yang sepat mampu membantu memadatkan feses sehingga orang yang sedang diare dapat berkurang rasa sakit dan intensitas ke kamar mandinya juga berkurang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan