Mohon tunggu...
Dwi Iqbal
Dwi Iqbal Mohon Tunggu... Pelajar yang sedang belajar

Mencoba menjadi seorang pelajar yang sukses dikemudian hari

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Manfaat Informasi Akuntansi Differensial dalam Pengambilan Keputusan Atas Pesanan Khusus

23 Januari 2021   07:15 Diperbarui: 23 Januari 2021   07:16 125 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Manfaat Informasi Akuntansi Differensial dalam Pengambilan Keputusan Atas Pesanan Khusus
Sumber: ascend.io

' Oleh :

Ahmad Fauzi Dean Sustama (31402000181) Mahasiswa S-1 Fakultas Ekonomi Unissula 

Eka Satria Budhi (31402000213) Mahasiswa S-1 Fakultas Ekonomi Unissula

Iqbal Dwi Nur Muhammad (31402000223) Mahasiswa S-1 Fakultas Ekonomi Unissula

Dosen :

Drs. Osmad Mutaher, Msi. ( Dosen Akuntansi Manajemen, FE, Unissula)

Di zaman yang sudah modern seperti saat ini menjadikan persaingan di bidang usaha semakin ketat, dan akan membuat pelaku usaha melakukan berbagai cara supaya usahanya dapat terus berjalan dan bertahan di tengah persaingan. Dengan adanya kemajuan zaman, ilmu pengetahuan, dan teknologi, membuat keterbukaan informasi menjadi semakin mudah. Hal iniliah yang membuat perusahaan untuk terus melakukan inovasi-inovasi dalam menjalankan usahanya. Berkenaan dengan mencari laba yang merupakan penghasilan bagi perusahaan, adanya informasi akuntansi dapat membantu perusahaan guna mencapai laba yang diinginkan. Banyak cara yang dapat ditempuh oleh perusahaan dalam mencapai laba yang diinginkan, salah satunya adalah dengan membuat pesanan khusus yang mungkin saja dapat menghasilkan laba lebih banyak daripada membuat pesanan biasa. Oleh karena itu kita akan membahas mengenai manfaat indormasi akuntansi diferensial dalam pengambilan keputusan atas pesanan khusus. So stay Tune braderrr ...

Oke kali ini kita akan membahas tentang informasi akuntansi diferensial dalam pengambilan keputusan?

Dan bagaimana keputusan itu dapat memberikan manfaat bagi suatu badan usaha untuk mendapatkan laba yang lebih banyak ?

Kali ini kita akan mengambil contoh kasus dari bisnis konveksi Modern Taylor. Nah Modern Taylor ini sendiri adalah perusahaan perseorangan yang bergerak di bidang jasa menjahit dan konveksi. Perusahaan ini bergerak dalam pembuatan pemesanan seragam sekolah, seragam kantor, gaun pesta dan masih banyak lagi yang telah perusahaan ini produksi sendiri. Dan dalam kesehariannya pemilik usaha Modern Taylor ini menargetkan kurang lebih menjahit 6 sampai 7 pakaian per hari. Konsep inilah yang menjadikan Modern Taylor mendapatkan preferensi khusus dari pelanggannya. Setelah beberapa tahun dirasakan, perkembangan Modern Taylor cukup baik. Hal ini terbukti dengan meningkatnya pesanan penjahitan dari hari ke hari. Usaha Modern Taylor, sering mendapat pesanan khusus dari konsumen, dengan adanya pesanan khusus Modern Taylor perlu informasi akuntansi diferensial untuk menentukan apakah pesanan dapat diterima atau ditolak. Jadi dengan adanya kasus tersebut akan kita bahas apakah menerima pesanan khusus dibantu dengan informasi akuntansi diferensial akan membuat Modern Taylor dapat menerima hasil yang lebih banyak dengan menerima pesanan khusus tersebut atau malah tidak menerima pesanan khusus tersebut.

Tapi sebelum jauh membahas tentang ulasan itu tadi, pertama kita harus bahas dulu nih pengertian dari akuntansi differensial. Apa sih itu akuntansi differensial ? dan apa sih manfaatnya ? Dari pada penasaran jadi langsung saja yuk dibahas satu satu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN