Duta Aulia
Duta Aulia Mohon Tunggu... Jurnalis - Pekerja.

Mata dua mulut satu.

Pesona Pantai Wedi Ombo, Gunung Kidul

10 November 2018   19:36 Diperbarui: 11 November 2018   15:37 496

Jika kita berbicara mengenai wisata Indonesia memang tidak ada habisnya, karena hampir di setiap daerah memiliki wisata yang begitu indah. Wisata di pengunungan atau di pantai sama indahnya dan pasti akan berkesan bagi para wisatawan yang berkunjung.

Salah satu tempat wisata yang kali ini mau saya ceritakan adalah wisata yang berada tidak jauh dari Yogyakarta dan lebih tepatnya di daerah Gunung Kidul. Jangan salah sangka dulu, kali ini bukan wisata gunung yang akan diceritakan tapi wisata pantai yang ada di sana.

Jadi, Gunung Kidul berada di bukit-bukti yang didominasi batu kapur. Meskipun berada di bukit-bukit, kawasan tersebut merupakan suatu komplek wisata yang memiliki cukup banyak pantai seperti, Pantai Pok Tunggal, Pantai Drini, Pantai Ngelambor, Pantai Wedi Ombo, dan pantai-pantai lainnya. Pantai yang kali ini akan dibahas adalah Pantai Wedi Ombo yang memiliki ciri khas tersendiri.

Sebelum memulai perjalanan tersebut,  saya prepare terlebih dahulu untuk perjalanan ini seperti memesan tiket kereta api, tujuan destinasi, estimasi waktu perjalanan, dan barang-barang kebutuhan lainnya.  Untuk memesanan tiket kerta api, Saya gunakan aplikasi Pegipegi yang dapat kalian download di App Store dan Play Store.

Saya gunakan aplikasi Pegipegi karena mempermudah banget untuk melakukan pemesanan tiket kereta. Selain itu, Pegipegi juga menawarkan pilihan harga tiket yang berfariasi dari kelas eksekutif, bisnis, dan ekonomi tersedia.

Setelah mencari tiket kereta di Pegipegi, saya memutuskan memilih tiket Pulang Pergi (PP) Kereta Tawang Jaya seharga Rp140rb/orang dengan keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen pukul 23.00WIB sampai Stasiun Semarang Poncol 06.10WIB.

Saya memutuskan untuk turun di Stasiun Semarang Poncol, karena saya ke Pantai Wedi Ombo akan ditemenin oleh Fariz merupakan temen saya yang sedang kuliah di salah satu universitas negeri di Semarang. Ohia jika kalian ingin berwisata ke Semarang, di kota ini juga terdapat tempat wisata keren seperti, Lawang Sewu, Sam po kong, Pos Mawar, dan lainnya.

Hari yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba, sore harinya saya udah mempersiapkan barang-barang yang akan dibawa. Setelah Sholat Isya, saya memulai perjalanan dari Depok ke Stasiun Pasar Senen. Tidak butuh waktu lama untuk sampai Stasiun Pasar Senen, hanya 45 menit jika kalian langsung mendapatkan kereta tujuan Jakarta Kota. Berhubung kereta yang saya tumpangin berangkat malam hari, saya bisa manfaatkan waktu buat beristirahat.

Tips buat kalian yang ingin menggunakan KA Tawang Jaya tujuan Jakarta-Semarang atau sebaliknya, sebaiknya kalian pilih gerbong paling belakang karena kemungkinan akan sepi dan kalian bisa tidur dengat pulas seperti di kasur.

Sesampainya di Stasiun Semarang Poncol, saya langsung dijemput oleh Fariz dan diantar ke kostnya di daerah Tembalang, Semarang. Sesampainya di Tembalang atau yang lebih familiarnya kawasan mahasiswa, saya dan Fariz makan di warung pecel yang berada tidak jauh dari pintu masuk Universitas Diponegoro. Makanannya cukup murah dan enak, cocoklah untuk kantong-kantong mahasiswa.

Setelah makan dan sedikit keliling kota Semarang, saya memutuskan beristirahat untuk menyegarkan badan menuju Jogja. Menurut Fariz, esok hari kita akan menempuh perjalanan selama 5 jam untuk menuju ke Gunung Kidul, dengan rincian 3 jam pertama sampai di Jogja dan 2 Jam selanjutnya tiba di Gunung Kidul.