Mohon tunggu...
Liese Alfha
Liese Alfha Mohon Tunggu...

Bermanfaat bagi sesama Menjadi yang terbaik untuk keluarga

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Pilihan

Buah Lokal Pemanis Acara Keluarga

7 April 2019   15:16 Diperbarui: 7 April 2019   15:18 78 6 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Buah Lokal Pemanis Acara Keluarga
Dokumen pribadi

Setiap kali ada acara di rumah, selain menu panganan asli Palembang seperti pempek dan laksan, buah sebagai pencuci mulut harus selalu tersedia. Buah yang paling sering tersedia di pasar ya kebanyakan seperti pisang, jeruk dan pepaya. Jadi kebanyakan acara pasti menyediakan paling tidak dua buah pertama tadi, pisang dan jeruk.

Pisang termasuk buah yang bisa kita temui sepanjang tahun, tak kenal musim. Jenisnya pun beragam. Dari yang bisa dimakan langsung hingga yang harus diolah dulu. Buah yang hampir bisa ditemukan di beberapa halaman warga, termasuk di rumah kami sendiri.

Pisang juga termasuk buah yang cukup murah, sekilo bisa dihargai hanya Rp 7000, cukup murah bukan. Dan makan pisang juga mengenyangkan. Untuk bayi yang mulai MP-ASI, pisang menjadi andalan sejak zaman nenek kita dulu. Inget ya, MP-ASI itu untuk bayi di atas usia 6 bulan. Jangan kurang dari itu kecuali diindikasikan lain oleh dokter.

Selain itu, buah yang juga sering menjadi isian di meja makan kami adalah salak. Salak, buah dengan mitos bisa buat buang air besar susah ini adalah salah satu buah kegemaran di rumah ini.

Memang tidak bisa setiap saat kita temukan di pasar buah. Tapi bila saat musimnya, berkisar trimester awal dan trimester akhir tahun, buah dengan kulit bersisik ini akan berlimpah di penjual buah. Harga saat ini buah salak per kilogram adalah Rp 14.000 dan bisa lebih murah dari itu kalau penjualnya banyak.

Tapi benarkah salak bisa buat BAB susah?

Buah dengan nama latin Salacca Zalacca ini memang dipercaya sebagai penyebab sembelit. Faktanya kadar serat yang terkandung pada salak baik untuk pencernaan. Zat tanin yang terdapat pada kulit ari nya faktanya berkhasiat sebagai anti diare.

Nah, kalau kita menilai sifat serat, ya bisa saja mengakibatkan sembelit kalau salak yang dimakan berlebih. Tapi bukankah setiap yang berlebihan tidak baik? 

Petuah dari orangtua bila tidak mau sembelit, maka kulit ari salak juga ikut dikonsumsi. Benar atau tidak, ya tidak menjadi masalah juga asal tadi, jumlah salak yang dimakan jangan berlebihan, sekilo misalnya, dimakan sendirian.

Karena sumber seratnya tadi, salak termasuk buah yang bagus dikonsumsi untuk yang ingin menjaga berat badan idealnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN