Mohon tunggu...
Dunia Halal
Dunia Halal Mohon Tunggu... -
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Dunia Halal adalah e-commerce pertama di Indonesia yang menyediakan berbagai produk, layanan & transaksi halal. Karena semua berawal dari yang halal.

Selanjutnya

Tutup

Fiksiana

Kisah Inspirasi Islami, Malaikat Pengantar Jenazah

5 Maret 2018   13:56 Diperbarui: 5 Maret 2018   14:20 972
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pernah lihat iring-iringan pengantar jenazah di Jakarta? Coba perhatikan kalau ada iring-iringan jenazah, kadang-kadang ada satu orang paling depan yang membuka jalan. Biasanya dia naik motor. Dia akan berhenti di lampu merah mengatur jalan, setelah jenazah lewat orang ini akan jalan lagi ke paling depan membuka jalan di lampu merah berikutnya, terus-menerus seperti itu sampai jenazah tiba di pemakaman.

Apa yang dialakukan orang ini setelah sampai di pemakaman? Orang ini akan langsung pulang, tidak ikut menguburkan jenazah. Dia bukan saudara atau keluarga dari orang yang meninggal. Inilah orang-orang yang mewakafkan waktunya untuk mengantarkan jenazah ke pemakaman.

Salah satu orang yang menjadi pelakukanya yang sempat saya ajak ngobrol adalah Pak Iwan.

Dulu, Pak Iwan punya Warung Makan di Ramamangun. Tapi 3 tahun lalu terpaksa Pak Iwan menjual rumah makannya untuk membiayai anaknya kuliah di ITB.

"Dulu saya bisa menyisihkan sebagian penghasilan dari usaha saya untuk infak ke mesjid. Sekarang karena penghasilan saya pas-pasan untuk membiayai hidup dan biaya kuliah anak satu-satunya di Bandung, sulit buat saya untuk menyisihkan uang buat infak. Saya hanya bisa mewakafkan waktu dan tenaga saya. Karena pekerjaan saya kurir, saya berusaha untuk menjadi pengatur jalan setiap ketemu iring-iringan jenazah di jalan sampai ke pemakaman." Begitu Pak Iwan menjelaskan.

"Bukannya penghasilan Pak Iwan pas-pasan? Kok Bapak malah mewakafkan waktu Bapak? Apa gak lebih baik Bapak mencari usaha sampingan untuk menambah penghasilan Bapak?" Tanya saya penasaran.

"Ah, tidak usah. Sudah seperti ini saja saya sangat bersyukur. Saya bahagia bisa menyekolahkan anak  di ITB biarpun pekerjaan saya hanya seorang kurir. Mungkin juga karena pekerjaan sampingan saya mengantar jenazah sehingga Allah SWT memudahkan jalan anak saya bisa kuliah di sana. Kalau saya punya pekerjaan sampingan, belum tentu anak saya diterima di ITB." Pak Iwan menjawab dengan penuh yakin.

"Apakah Bapak tidak takut terlambat mengantar surat atau barang dari kantor ke tujuan gara-gara mengantar jenazah dulu?" Tanya saya lagi.

"Alhamdulillah selama ini tidak pernah terjadi. Yang paling berat malah kalau terjadi hujan. Di mana-mana macet, kadang banjir. Tapi saya banyak sholawat aja, alhamdulillah Allah SWT selalu melindungi dan memudahkan pekerjaan saya." Jawab Pak Iwan lagi.

"Anak dan istri Bapak tahu gak kalau Bapak punya pekerjaan sampingan nganter jenazah?"

Biar Allah SWT saja yang tahu. Saya tidak mau amal saya rusak gara-gara istri atau anak saya tahu. Ini kan urusan saya dengan Allah SWT. Kalau Bapak tidak memperhatikan saya juga tidak akan ada yang tahu pekerjaan saya yang satu ini." Pak Iwan menutup pembicaraan sambil pamitan mau meneruskan perjalanannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Fiksiana Selengkapnya
Lihat Fiksiana Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun