Mohon tunggu...
Dudung MarufNuris
Dudung MarufNuris Mohon Tunggu... Terus belajar sepanjang hayat

Dosen Akuntansi di Universitas Negeri Malang 2014-sekarang

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

UM mengadakan Pelatihan Media Pembelajaran bagi Guru SMK Sekota Kediri

19 Juli 2019   08:55 Diperbarui: 19 Juli 2019   08:58 0 0 0 Mohon Tunggu...
UM mengadakan Pelatihan Media Pembelajaran bagi Guru SMK Sekota Kediri
Ketua Pelaksana menyerahkan vandel kepada Kepala SMKN 2 KEdiri/dokpri

Dalam rangka melaksanakan salah satu poin Tridharma Perguruan tinggi, tim pengabdian masyarakat yang terdiri dari 3 dosen akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang (UM) menyelenggarakan "Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar dan Media Pembelajaran Akuntansi Berbasis TIK Bagi Guru Akuntansi SMK se-Kota Kediri". 

Acara berlangsung selama  dari tanggal 12-13 Juli 2019 bertempat di SMKN 2 Kediri yang dihadiri oleh 40 guru akuntansi se-Kota Kediri. Kegiatan ini terselenggara berkat kerjasama Tim Pengabdian Masyarakat UM yang diketuai oleh Dudung Ma'ruf Nuris, S.Pd., M.Pd dan Ketua MGMP Akuntansi Kota Kediri yaitu Paija, S.Pd. Hadir dalam acara tersebut yaitu Drs. Mashari Krisna Edy, M.Pd selaku Kepala SMKN 2 Kediri, Sidiq Purnama, S.Pd selaku Kepala Sie SMK Kota Kediri, dan Paija, S.Pd selaku Ketua MGMP Akuntansi SMK Kota Kediri. Kegiatan ini perlu diselenggarakan rutin di forum MGMP baik di jurusan akuntansi maupun non akuntansi, karena akan menambah wawasan bagi guru akuntansi agar pengetahuan guru dapat meningkat seiring dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat hal ini ditandai adanya revolusi industri 4.0 ujar Edy, kepala sekolah yang ramah ini. Hal senada juga disampaikan Sidiq, bahwasannya pengetahuan dan semacam ini perlu dilakukan agar lulusan SMK semakin berkualitas yang mana hal tersebut dapat terjadi jika sumber daya manusia dari aspek guru dapat terjamin kualitasnya.

Apalagi lulusan SMK diharapkan dapat langsung bekerja. Sementara itu, Paija mengatakan bahwa dengan adanya kerjasama ini akan mempererat tali silaturahmi antara UM dengan masyarakat khususnya SMK di kota kediri sehingga kegiatan-kegiatan serupa yang bermanfaat bagi profesionalitas guru perlu diselenggarakan kembali. Peserta sangat antusias mengikuti acara ini dengan ditandai peserta mengikuti pelatihan ini sampai dengan waktu berakhir. 

Materi yang disampaikan pertama kali oleh Dudung Ma'ruf Nuris, S.Pd., M.Pd mengenai Penerapan Scren Cast-O matic dan publikasinya secara online. Sementara itu materi kedua disampaikan oleh Umi Nuraini dan Primasa Minerva Nagari yang memeparkan tentang Aplikasi Flipbook dan penerapannya secara offline maupun online. Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami dan dapat menambah wawasan kami di tengah perkembangan teknologi apalagi diterapkan dalam bidang akuntansi, tutur Lusi salah satu guru SMK Kota Kediri.