Mohon tunggu...
Dudi safari
Dudi safari Mohon Tunggu... Wiraswasta - Pencari Ilmu

Aktif di Organisasi Kepemudaan dan Dakwah Pelosok.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Mengajak Berbuat Baik Harus Dimulai dari Diri Sendiri

3 Desember 2021   16:20 Diperbarui: 3 Desember 2021   17:02 98 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Gambar koleksi idn time

Dalam surat At-Tahrim ayat  ke 6 Allah Swt. Berfirman:

 "Wahai orang-orang yang beriman! Peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, dan keras, yang tidak durhaka kepada Allah terhadap apa yang Dia perintahkan kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan." (QS. At-Tahrim 66: Ayat 6)

Menjaga diri sendiri lebih diprioritaskan sebelum yang lain. Bagaimana seseorang akan mengajak kebaikan atau menyuruh orang lain untuk tidak berbuat keburukan. Sementara si pengajak belum memiliki pengetahuan sedikit pun.

Mencari ilmu menjadi wajib bagi dirinya, sebagai  wasilah (perantara) untuk bisa memperbaiki diri, mencegah segala perbuatan buruk yang mungkin saja menghampirinya.

Mengingat kisah para nabi terdahulu yang Allah persiapkan untuk membimbing umat ke jalan yang benar. Mereka ditempa sejak kecil dengan berbagai ujian hidup.

Dari hasil tempaan itulah kemudian Allah memberi mereka ilmu (pengetahuan) dan hikmah tentang hakikat kehidupan sebenarnya.

Kisah Nabi Yusuf as. Adalah sebuah kisah yang sangat masyhur, tatkala dia dibuang ke dalam sumur oleh saudaranya. Kemudian ditemukan oleh sekelompok musafir dan akhirnya dijual di pasar Mesir.

Kesabaran dan keikhlasan menerima setiap takdir yang menimpa terhadap dirinya inilah dikemudian hari membuahkan kebahagiaan.

Nabi Yusuf as. Diberi anugerah ilmu serta hikmah dan menjadi salah seorang di antara utusan Allah Swt.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan