Mohon tunggu...
Marendra Agung J.W
Marendra Agung J.W Mohon Tunggu... Guru - Urban Educator

Write to learn | Lahir di Bekasi, mengajar di Jakarta | Menulis edukasi, humaniora, esai dan fiksi | Kontak: jw.marendra@gmail.com |

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Ketika Kelas Virtual Menjamur di Era Industri 4.0, Akankah Sekolah Punah?

21 Januari 2019   20:00 Diperbarui: 22 Januari 2019   08:13 689
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi gambar; tradeindia.com

Di sinilah peran sekolah menjadi penting dan terus dibutuhkan.Karena sekolah berpotensi mempertemukan lingkungan sosial, guru dan siswa, dengan segala wibawa dan fasilitasnya, yang tak mungkin terjadi di virtual class atau distance learning ( pembelajaran online). Dengan kata lain, di sekolah guru bukan hanya mampu menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi, tapi juga membuat interaksi antara siswa,teknologi, dan lingkungan sosial terjalin.

Dalam hal ini, pemerintah bukan hanya memberikan penyuluhan teknologi pembelajaran, panduan pengisian e-rapot, bimtek, dan lain sebagainya. Namun pemerintah juga harus memberikan dorongan serta dukungan baik moral maupun material kepada sekolah,guru dan siswa, untuk menjalani pengembangan pembelajaran yang memungkinkan kegiatan kelas, ektsrakurikuler, karya siswa, saling terkait satu sama lain dengan kegiatan luar sekolah ( sosial).

Oleh karena itu, guru tak hanya menginspirasi dan membuat siswa terpukau dengan teknologi yang dibawanya,tapi juga harus mengiringi siswa menuju kehidupan sosial dengan potensi mereka. Maka, pembelajaran distance learning,dan lain sebagainya harus ditiinjau kembali pendekatannya. Sebab, Ingarsa sung taladha, Ingmadya mangun karsa, Tutwuri handayani (Ki Hajar Dewanara).

Bukankah hakikat guru itu untuk berada di dekat siswanya?

Artikel juga terbit di->(https://www.sinarlimanews.com/2019/01/19/ketika-kelas-virtual-menjamur-di-era-industri-4-0-akankah-sekolah-punah-oleh-marendra-agung/#.XEKg2oLlgXw.whatsapp

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun