Mohon tunggu...
Gobin Dd
Gobin Dd Mohon Tunggu... Buruh - Orang Biasa

Menulis adalah kesempatan untuk membagi pengalaman agar pengalaman itu tetap hidup.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Artikel Utama

Sebabnya Resolusi Bisa Tercapai dan Gagal Terealisasi

30 Desember 2022   15:17 Diperbarui: 31 Desember 2022   21:52 505
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi kelender 2023.| Foto: Dok. UNPLASH/Behnam Nourozi via Kompas.com

Setiap mengawali tahun baru, umumnya kita membuat resolusi sebagai target hidup tertentu yang mau dilakukan dan dicapai untuk satu tahun. Tujuannya agar kita mempunyai arah dalam menjalankan waktu selama setahun. 

Pendek kata, kita mau memaknai hari demi hari hidup kita selama satu tahun. Pemaknaan itu bertujuan agar kemudian hari kita tak menyesal dan kita pun bertumbuh menjadi seorang pribadi yang kita inginkan. 

Pastinya, kita sudah mempunyai target hidup untuk tahun 2023. Namun, sebelum kita membangun target hidup kita, kita sekiranya melihat ke belakang, tepatnya dari bulan Januari lalu hingga menjelang akhir bulan Desember 2022 ini.

Kita perlu melihat dan menimbang sejauh mana kita menjalankan dan mencapai target hidup kita. 

Mengevaluasi cara kita merealisasikan resolusi kita selama setahun sangatlah penting dalam membantu kita membuat resolusi di tahun 2023. Dari situ, kita bisa belajar dan bahkan memutuskan mana yang mesti dilakukan.

Dalam setahun, saya melihat dua sisi perjalanan dalam menjalangkan target hidup, yang mungkin umumnya terjadi di setiap orang. Ada target hidup yang tercapai dan ada target hidup yang gagal. 

Saya tak membuat banyak target atau pun resolusi. Tujuannya, agar fokus dan agar bisa terselesaikan serentak bisa mengakar di dalam diri. 

Lantas, saya coba mengevaluasi target hidup yang tercapai. 

Ada dua target yang saya capai di tahun 2022. Soal kesehatan, di mana saya memiliki target untuk menurunkan berat badan dari 85 kg ke 74 kg di bulan Desember. Target ini tercapai. 

Juga, target untuk menulis setiap hari. Memang, tak setiap hari saya menulis. Namun, saat saya tak menulis, saya berupaya menebus keabsenan saya dengan menulis 2 artikel untuk menutup hari yang terlewatkan. Target ini tercapai. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun