Mohon tunggu...
Gobin Dd
Gobin Dd Mohon Tunggu... Orang Biasa

Menulis adalah kesempatan untuk membagi pengalaman agar pengalaman itu tetap hidup.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Ketika Barcelona dan Real Madrid Kurang Diminati oleh Timnas

9 Juni 2021   14:39 Diperbarui: 9 Juni 2021   14:40 156 25 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ketika Barcelona dan Real Madrid Kurang Diminati oleh Timnas
Sumber foto: AFP/Javier Soriano via Kompas.com

Keputusan pelatih Spanyol, Luis Enrique tidak memanggil satu pun pemain Real Madrid masuk ke skuad timnas Spanyol untuk Piala Eropa 2020 memantik banyak reaksi. Ada yang mempertanyakan dan mempersoalkan keputusan itu, tetapi ada pula yang menganalisanya dari kondisi klub.  

Pasalnya, Real Madrid terbilang sebagai klub besar. Para pemain yang bermain di Madrid kerap dipandang layak untuk masuk timnas. 

Enrique tidak peduli seperti pandangan itu. Nama klub tidak menjadi jaminan bagi seseorang untuk masuk timnas. Performa individual bersama klub tetap menjadi poin utama.  

Beruntung bagi Barcelona karena masih mengikutsertakan 3 pemain. Jordi Alba, Sergio Busquets, dan Pedri. Akan tetapi, jumlah ini masih sedikit apabila menimbang kontribusi Barca untuk timnas Spanyol pada waktu-waktu sebelumnya. 

Pendeknya, pemain yang berseragam Real Madrid dan Barcelona kerap menjadi andalan timnas Spanyol dan timnas lain. 

Enrique tidak menghiraukan nama klub. Dia mencari pemain yang dinilai berpotensi untuk membantu Spanyol dalam perhelatan Piala Eropa 2020. 

Tak heran, sebagian besar pemain di skuad Spanyol berasal dari klub-klub yang lebih kecil daripada Barca dan Madrid. 

Wajah tim Spanyol berubah. Dominasi duo tim raksasa Spanyol mengikis. 

Hal yang sama juga terjadi di level Eropa pada umumnya. Barca dan Real Madrid bukan lagi menjadi tim yang menyuplai pemain di Piala Eropa. Madrid dan Barca kalah jumlah dari Man City dan Chelsea.  

Tercatat Manchester City dan Chelsea menjadi tim yang menjadi penyumbang pemain terbanyak di Piala Eropa. Kedua finalis Liga Champions musim 2020/21 ini seolah menegaskan kelayakan mereka di pentas Eropa. Kedua klub mengirimkan 15 pemain. 

Bahkan, timnas Spanyol memanggil 5 pemain dari kedua klub ini. 4 pemain dari Man City (Ferran Torres, Rodri, Aymeric Laporte, dan Eric Garcia) dan 1 pemain dari Chelsa (Cesar Zxpilicueta). Man City malah melampaui jumlah pemain asal Barca di skuad timnas Spanyol. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN