Mohon tunggu...
Gobin Dd
Gobin Dd Mohon Tunggu... Orang Biasa

Menulis adalah kesempatan untuk membagi pengalaman agar pengalaman itu tetap hidup.

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Sisi Positif bagi Manchester City dari 2 Kekalahan Kontra Chelsea

10 Mei 2021   12:48 Diperbarui: 11 Mei 2021   18:34 423 26 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sisi Positif bagi Manchester City dari 2 Kekalahan Kontra Chelsea
Timo Werner (kiri) dan Raheem Sterling (kanan) berebut bola dalam pertandingan Man City vs Chelsea pada pekan ke-35 Liga Inggris di Stadion Etihad, Sabtu (8/5/2021) malam WIB.| Sumber: AFP/MARTIN RICKETT

Kegagalan adalah pelajaran yang paling berharga. Demikian ungkapan yang kerap berada di balik cerita-cerita sukses.

Ya, sangat jarang kesuksesan terpisah dari kegagalan. Kerap kali terjadi kegagalan menjadi titik balik yang mengubah alur kehidupan menuju tangga kesuksesan.

Bahkan kegagalan itu pun bisa menambah pengetahuan mengenai pelbagai kemungkinan agar tidak jatuh pada kesalahan yang sama.

Manchester City pasti merenungi dua kekalahan dari Chelsea yang terjadi dalam jangka waktu yang relatif berdekatan. Hal ini juga tak lepas dari persiapan dari pertemuan kedua tim yang akan terjadi pada final Liga Champions mendatang.

2 kali Thomas Tuchel, pelatih yang baru direkrut Chelsea di awal tahun 2021 ini berhasil mengalahkan Manchester City yang dilatih oleh Pep Guardiola pada 2 kompetesi berbeda. Kekalahan di semifinal Piala FA (17/4/21) dan kekalahan di Liga Inggris (8/5/21)

Karena ini, tak sedikit pihak pun yang menilai bahwa Chelsea berpeluang besar meraih trofi Liga Champions. Thomas Tuchel berhasil mengubah mentalitas Chelsea. Terbukti, Chelsea berhasil menpecundangi Man City, tim yang sejauh ini dipandang terkuat di Liga Inggris pada musim ini.

Tentu saja, kemenangan ini merupakan suntikan moral bagi Chelsea. Mentalitas semakin menguat. Rasa ragu untuk mengalahkan Man City di final Liga Champions bukanlah pekerjaan yang mustahil. Segala sesuatu sangat terbuka.

Akan tetapi, pada kubu Man City, kekalahan dari Chelsea bisa menjadi pelajaran yang sangat berharga. Lebih baik dikandaskan lebih awal daripada merasa diri superior. Paling tidak, Man City merasa bahwa ada kelemahan di dalam tim yang perlu untuk dibenahi sebelum memainkan laga final Liga Champions.

Trofi Liga Champions seolah menjadi target utama Man City. Untuk meraih target ini, Man City harus bekerja ekstra keras. Pasalnya, Chelsea bukan lagi tim yang pincang sebagaimana di bawah komando Frank Lampard.

Faktor Tuchel telah mengubah wajah Chelsea. Pola permainan berkembang. Para pemain yang gagal memberikan performa terbaik di awal musim pun mulai menemukan ritme terbaik di bawah asuhan mantan pelatih Dortmund dan PSG ini.

Manchester City kembali menelan kekalahan dari Chelsea. Ini menjadi kekalahan ke-2 bagi Man City sejak Chelsea dilatih oleh Thomas Tuchel. Kedua tim akan kembali bertemu di final Liga Champions akhir bulan ini. Sumber foto: Getty Images via Goal.com
Manchester City kembali menelan kekalahan dari Chelsea. Ini menjadi kekalahan ke-2 bagi Man City sejak Chelsea dilatih oleh Thomas Tuchel. Kedua tim akan kembali bertemu di final Liga Champions akhir bulan ini. Sumber foto: Getty Images via Goal.com
Kenyataan ini patut diwaspadai oleh Man City. Dua laga yang membawa kekalahan bagi Man City mesti menjadi bahan renungan dan pelajaran untuk final Liga Champions.

Paling kurang, Pep sudah bisa mengenal taktik yang dimainkan oleh Tuchel di Chelsea. Memang, pertemuan antara Tuchel dan Pep bukanlah hal baru. Mereka sudah pernah bertemu saat keduanya melatih klub-klub di Bundesliga, Jerman. Namun, pertemuan-pertemuan mereka sebelumnya berada pada tim-tim yang berbeda.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN