Mohon tunggu...
Doran Gadget
Doran Gadget Mohon Tunggu... Sales - Doran Gadget adalah distributor wearable gadget di Indonesia. Kami juga berbagi informasi tentang teknologi dan gadget terbaru

Doran Gadget adalah distributor wearable gadget di Indonesia. Kami juga berbagi informasi tentang teknologi dan gadget terbaru || https://dorangadget.com/

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

GPS Drone Tidak Berfungsi? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

17 September 2022   16:16 Diperbarui: 17 September 2022   16:19 102 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Ada banyak penyebab mengapa tiba-tiba GPS pada drone tidak berfungsi dengan baik. Mulai dari sinyal yang buruk, kondisi geografis dan lainnya. Selengkapnya berikut ini! 

1. Sinyal yang Buruk 

Sinyal buruk yang berasal dari interfensi sinyal biasanya disebabkan munculnya pengganggu pada sinyal drone. Gangguan terjadi jika sinyal memiliki kapasitas sama atau lebih besar dari sinyal drone. Karena itu, hindari menerbangkan drone di tempat yang memiliki banyak tower WiFi. 

2. Transmisi 

Controller dari drone memiliki transmisi 2.4 GHz untuk menghindari frekuensi noise di perangkat elektronik. Jika drone berada pada setting 35MHz biasanya membuat GPS tidak berfungsi dengan baik. Karena itu usahakan frekuensi berada di rentan 2.4GHz untuk koneksi yang lancar. 

Baca juga: Penyebab Drone Tidak Stabil Saat Terbang

3. Kondisi Geografis 

Di area terbuka, sinyal drone dengan 2.4GHz ini memiliki kekuatan yang kencang. Namun saat berada di area seperti gedung bertingkat, tebing, dan obstacle lainnya bisa berdampak pada kelancaran frekuensi sinyal. 

4. Realibilitas RC

Beberapa RC drone memiliki default power RF 25-150mW, sedangkan untuk default 75mW mampu menempuh jarak hingga 600 meter. Jika menggunakan receiver standar dan melebihi jarak dari 600m bisa membuat sinyal GPS tidak berjalan optimal.

Baca juga: Perbedaan Drone FPV vs Drone Konvensional

5. Daya Baterai

Gunakan sistem 2.4G dan kontrol hingga 250 meter yang bisa membuat konsumsi daya lebih kecil dibandingkan menggunakan 750mW dengan begitu drone terbang lebih lama dan GPS bisa berfungsi lebih baik. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan