Mohon tunggu...
Doni Fernando
Doni Fernando Mohon Tunggu... Koki - Mahasiswa Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti

πŸ“šMahasiswa Penerima Beasiswa Kemndikbud RI Program Studi D4 Perhotelan STP Trisakti πŸ₯‰3rd Winner LKS 2019 of Patisserie and Confectionery di DI Yogyakarta "Blogging is hard because of the grind required to stay intresting and relevant"

Selanjutnya

Tutup

Foodie

Jenis-jenis Cream Pastry | Belajar Baking

31 Mei 2022   21:13 Diperbarui: 31 Mei 2022   21:38 3937
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foodie. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Halo semua, perkenalkan nama saya Doni Fernando Mahasiswa STP Trisakti dan Awardee Beasiswa Unggulan 2019 oleh Kemendikbud Indonesia. Artiker ini saya tulis sebagai laporan semester saya, Terima kasih sudah membaca dan semoga artikel ini bermanfaat.

Kalian tau gasih olahan pastry sering banegt menggunakan cream, untuk orang awam biasanya mereka hanya mengetahui cream yang menjadi isian dan toping itu sama saja, dengan sebutan cream/ krim. Tapi untuk orang yang suka mengolah pastry pasti sudah tau kalo cream itu banyak jenisnya.

Cream adalah salah satu pelengkap untuk dessert yang paling sering digunakan, tekstur yang ringan dan creamy membuat cream sering menjadi isian atau topin dessert. langsung aja kita kenali jenis- jenis Cream

1. Pastry Cream

Cream yang satu ini paling banyak di gunakan dalam olahan pastry. Pastry cream adalah cream yang terbuat dari susu, gula, telur, dan tepung serta vanilla sebagai tambahannya. Pastry cream sangat sering kita temui sebagai isian sus/eclair, Fruitart, atau isian roti manis. Cara buat nya sangat mudah campurkan semua bahna jadi satu lalu masak dengan api kecil hingga mengental.

2. Anglaise Cream

Hampir sama dengan pastry cream hanya saja tingkat kekentalan Anglaisn cream tidak terlalu kentar seperti pastry cream, bahan yang digunakan juga sam saja tetapi Anglais cream tidak menggunakan maizena. Karena teksturnya lebih cair biassana Anglaise cream di jadikan condiment ice cream, pancake, dan pudding

3. Chantilly Cream

Chantilly Cream sangat populer karena mudah dibuat Chantily hanya menggunakan whip Cream yang di kocok hingga mengembang dan diberi vanila. Biasanya agar lebih kokoh ditambahkan Icingsugar atau gelatin, karena chantilly mudah mencair jika terlalu panas di suhu ruang.

4. Diplomat Cream

Diplomat cream adalah perpaduan antara pastry cream dan whipped cream. Memiliki tekstur yang kokoh namun ringan, biasanya di jadikan isian sus/eclair, topping cake dan layering cake. harus dicoba nih gais karena mudah banget buatnya.

5. Mousseline Cream

Mouseline juga merupakan olahan pastry cream yang diberikan butter , di kocok hingga rata dan mengembang, tekstur yang terbilang ringan dan super creamy sehingga sangat sering dijadikan layering cake karena mudah untuk di ratakan dan kokoh.

Nah gimana nih gais cream mana yang mau kalian buat nih untuk cake kalian, kalo aku sih lebih suka chantily dan mousseline karena creamy dan mudah banget dibuat.

saya harap tulisan ini bisa bermanfaat buat kalian yang baca ya, tulis dikomentar untuk bertanya, ASAP akan dibalas, terima kasih.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun