Mohon tunggu...
Dongeng Kopi
Dongeng Kopi Mohon Tunggu... Pramusaji - Berbiji baik, tumbuh baik!

Kedai Kopi yang terintegrasi dengan Taman Baca Alimin, serta Rumah Sangrai yang menghasilkan aneka kopi biji dan bubuk. Ruang paling pas untuk buku, kopi dan komunitas. Hadir di Umbulmartani, berada di kaki Merapi, dan Sasana Krida Dongeng Kopi Roastery di Tirtomartani, 700 meter dari Candi Kedulan, 5 Kilometer dari Candi Prambanan. Keduanya ada di Sleman Jogjakarta

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Andai Gandring Tidak Membuat Pesanan Arok, Ia Pasti Sudah Jadi Guru Besar Dongeng Kopi

27 Desember 2023   23:45 Diperbarui: 28 Desember 2023   00:06 116
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kalau Saja Gandring Tidak Membuat Pusaka Pesanan Ken Arok, PAdepokannya sudah Jadi Kampus besar. Dok. Dongeng Kopi

Gandring bukanlah empu yang cukup terkenal di era Daha. Ia adalah seorang wiku yang menjauh dari keramaian di sebuah padepokan kaki gunung Kawi.

Ia lebih dikenal sebagai pertapa yang juga guru sastra. Saban hari berbagi soal pengetahuan terbatas pada murid pinilih.

Gandring memiliki 12 murid, semuanya memakai nama yang nunggak semi yakni; Kartika Gandring, Pusa Gandring, Manggasi Gandring, Sitra Gandring, Manggakala Gandring, Naya Gandring, Palguna Gandring, Wisata Gandring, Jita Gandring, Srawana Gandring, Padrawana Gandring, serta Asuji Gandring.

Selain itu ia juga dikenal sebagai jauhari kanuragan dan tenaga dalam. Bersama dua belas muridnya Kiai Sumelang Gandring, nama panjangnya, ia mencipta dua belas jurus nujum bintang. Saripati dari kitab Dwidasa Nujum Kartika.

Namanya baru tenar setelah keris sakti setengah jadi berhasil menghantarkan Ken Arok menjadi penguasa Singasari.

Sebelumnya samar tidak terdengar meski kecakapannya sungguh tidak bisa dianggap enteng.

Ia merupakan empu yang tekun belajar. Pengembaraannya ke tlatah kulon, membuat ahli cara membuat keris pusaka serta ilmu silat. Kawruh yang ia kuasai benar benar kaya kembangan.

Keris bikinannya dikenal dengan keris tradisi tanpa lekukan. Lurus, imbang sebelah kiri dan kanan.

Saat pesanan Arok tiba, sebenarnya Gandring hendak menolak. Tetapi karena Bango Samparan adalah kawannya, maka ia menyanggupi dengan waktu yang cukup untuk tempaan sehingga menjadi keris yang baik dan matang.

Tirakat puasa, puja mantra, serta semadi ia tempuh dalam empat puluh hari. Tepat purnama semadi hari terakhir, lintang kemukus jatuh di Gunung Gajah Mungkur sekitar setengah tabuh waktu dari padepokan Wlingi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun