Mohon tunggu...
Don Eskapete
Don Eskapete Mohon Tunggu... karyawan swasta -

who am i?

Selanjutnya

Tutup

Bola

Menanti Tangisan Messi

26 Juni 2018   19:05 Diperbarui: 26 Juni 2018   23:58 574 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Menanti Tangisan Messi
sumber: bola.kompas.com

Para pemerhati sepakbola beberapa jam lagi akan menyaksikan partai terakhir di grup D Piala Dunia 2018 antara Argentina melawan Nigeria. Pertandingan ini menjadi partai hidup dan mati bagi kedua tim untuk merebut satu tiket tersisa ke babak 16 besar.

Klasemen sementara grup D menempatkan Kroasia berada di puncak teratas dengan nilai sempurna dari hasil kemenangan ganda di dua partai sebelumnya. Kroasia sudah dipastikan lolos ke babak 16 besar, apa pun hasil yang akan terjadi di partai terakhir melawan tim debutan Islandia.

Sedangkan Nigeria berada di posisi kedua dengan nilai 3, disusul oleh Islandia dan Argentina yang masih terseok-seok  dengan hanya mengumpulkan nilai 1. Tak heran jika pertandingan yang akan berlangsung dini hari nanti waktu Indonesia akan berlangsung keras untuk bisa lolos dari fase grup.

Nigeria cukup mendapatkan hasil seri untuk lolos, dengan catatan di partai lainnya antara Kroasia dan Islandia tidak dimenangkan oleh Islandia. Jika Islandia menang dan Nigeria seri, maka kedua tim sama-sama mempunyai nilai 4. Selisih gol akan menjadi penentu manakah di antara keduanya yang berhak lolos ke 16 besar.

Argentina harus menang melawan Nigeria untuk membuka asa ke babak selanjutnya. Hasil ini pun juga masih harus dibandingkan dengan partai lain antara Kroasia melawan Islandia. Jika Islandia juga menang, maka kedua tim sama-sama mempunyai nilai 4. Selisih gol akan menjadi penentu manakah di antara keduanya yang berhak lolos ke 16 besar.

Head to head

Sebuah keunikan tersendiri terjadi di empat dari lima Piala Dunia terakhir (2002, 2010, 2014 dan 2018) di mana Argentina dan Nigeria selalu berada di satu grup. Keduanya juga pernah berada satu grup pada Piala Dunia 1994.

Tim Tango Argentina berhasil menaklukkan Elang Super Nigeria. Kemenangan yang dibukukan Argentina tersebut hanya berselisih 1 gol saja, menjadi bukti bahwa kekuatan kedua tim tidak jauh berbeda.

Pada Piala Dunia 2002 dan 2010, Argentina menang dengan skor 1-0. Argentina juga menang 2-1 di Piala Dunia 1994 dan 3-2 pada Piala Dunia 2014. Hasil ini membuat Nigeria selalu mengalami kekalahan dari tim Amerika Latin, di mana pada Piala Dunia 1998 Nigeria juga kalah dari Paraguay di fase grup.

Messi versus Musa

Nama penyerang dari kedua tim akan menjadi perhatian saat pertandingan nanti. Lionel Messi yang menjadi salah satu pemain terbaik dunia, belum mampu mencetak satu gol bagi Argentina pada dua pertandingan sebelumnya. Sementara penyerang Nigeria, Ahmed Musa sudah mencetak gol dan membawa Nigeria menang dengan skor 2-0 atas Islandia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan