Mohon tunggu...
Dodi Rosadi
Dodi Rosadi Mohon Tunggu... Human Resources - Pranata Humas BRIN

Penulis dan Pecinta Bulutangkis

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

6 Kiat Sukses Menulis

21 Maret 2024   10:44 Diperbarui: 21 Maret 2024   11:13 91
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi menulis foto: pixabay.com

Saya baru selesai membaca buku Menulis Dengan Cinta (2021) karya Anton Kurnia, saya terkesan dengan buku ini karena menyajikan dasar-dasar penulisan fiksi dan non fiksi kreatif, termasuk menulis dan aspek-aspek nonteknis yang ada di dalam buku tersebut.  Di dalam buku Menulis Dengan Cinta tersebut salah satunya berisi Kiat Sukses Menulis.

Berikut 6 kiat sukses di dalam menulis dan proses kepenulisan, yaitu Pertama. Seorang penulis harus memiliki kecintaan terhadap dunia tulis menulis dengan segala prosesnya. Sesuatu yang tidak dilakukan secara sungguh-sungguh tidak mungkin menghasilkan sesuatu yang luar biasa.  Kita bisa bertanya pada hati kita, apa sebetulnya yang menjadi niat kita menulis. Seorang penulis hendaknya menulis dengan penuh gairah dan rasa gandrung dalam berkarya.

Kedua. Seorang penulis harus mau banyak membaca. Bacalah bacaan-bacaan yang baik untuk memperkuat gizi kreatif dan intelektualitas kita. Output pasti sebanding dengan input. 

Ketiga. Seorang penulis seyogyanya menguasai kaidah-kaidah dasar berbahasa dan tata cara penulisan: bagaimana menyusun kalimat yang jelas, bagaimana menulis kalimat efektif, seperti apa penulisan ejaan dan tanda baca yang benar.

Keempat. Pelajari dan kuasai teknik-teknik dasar menulis lalu latihlah keterampilan menulis tanpa kenal lelah dan pantang berputus asa (misalnya dalam menentukan gagasan pokok, merancang kerangka karangan, membuat lead yang menarik, memutuskan ending, menerapkan kaidah "show, don't tell", less is more", dan jurus-jurus lainnya)


Kelima. Makin sering menulis. Makin banyak pengalaman menulis, tentu mutu tulisan akan semakin baik dan matang, dalam bentuk ataupun isi. 

Keenam. Mulailah menulis sekarang juga, jangan tunda-tunda atau terus mencari alasan hanya untuk menutupi kemalasan kita sendiri. Jangan salahkan ilham atau inspirasi yang tak kunjung datang, karena gagasan itu harus di cari.

Itu tadi 6 kiat sukses menulis dari karya Anton Kurnia, semoga kita bisa mempraktekkannya. Selamat mencoba!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun