Doddy Salman
Doddy Salman karyawan swasta

manusia sederhana yang selalu mencari pencerahan di tengah perjuangan

Selanjutnya

Tutup

Film

Ada Mualaf di Film "A Man Called Ahok"

9 November 2018   14:08 Diperbarui: 9 November 2018   15:31 228 0 0

Film A Man Called Ahok sedang tayang di bioskop seluruh Indonesia. Film yang dibintangi Daniel Mananta ini ternyata punya sisi lain yang tak kalah menarik. Di film yang dibuat berdasarkan buku dengan judul yang sama karya Rudy Valinka ini ada Chew Kin Wah sebagai Tjoeng Kim Nam atau Indra Tjahaja Purnama, ayah Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Chew Kin Wah Abdullah ini adalah aktor berkebangsaan Malaysia yang kerap muncul di film-film Indonesia. Sebut saja film Cek Toko Sebelah, Surat Kecil Untuk Tuhan, Susah Sinyal, Dukun, Terbang: Menembus Langit, Dim Sum Martabak dan terakhir A Man Called Ahok.

Di film karya sutradara Putrama Tuta ini akting Chew sebagai Kim Nam tua sangat menarik. Tengok saja ketika berselisih paham dengan Ahok di dalam mobil hingga harus dilerai oleh istrinya (Sita Nursanti). Atau ketika terisak-isak memukuli motor yang menewaskan anak bungsu kesayangannya. Namun yang paling menarik menurut saya adalah ketika Kim Nam membayar semua hutang-hutangnya kepada Koh Asun (Ferry Salim). 

Ekspresi penghormatan sekaligus rasa terima kasih atas bantuan Koh Asun terekspresikan di wajah aktor negeri Jiran ini. Kim Nam memang suka membantu warga yang datang ke rumahnya. Tak peduli dengan urusan keuangan keluarganya sendiri.Kalau perlu jual perhiasan dan berhutang demi membantu warga Manggar Belitung yang datang ke rumahnya.

liputan6.com
liputan6.com
Chew sendiri menurut wikipedia adalah seorang mualaf dengan nama baru Anuar Abdullah.Keseriusan berakting diganjar festival film Indonesia dengan meraih piala Maya sebagai Aktor Pendukung terbaik 2018.Mengutip poskotanews.com Danie Mananta mengakui akting luar biasa Chew Kin Wah,"Aktingnya menyentuh banget".

Chew sendiri mengaku kagum dengan ayahanda Ahok."Tak ada uang namun masih mau tolong orang juga," ujarnya.(liputan6.com).

Kehebatan akting aktor Malaysia yang mualaf sejak 2013 ini tentunya cuma bisa dibuktikan jika anda menyaksikan sendiri A Man Called Ahok