Mohon tunggu...
Djulianto Susantio
Djulianto Susantio Mohon Tunggu... Arkeolog yang tertarik astrologi, palmistri, numismatik, filateli, dan penulisan/literasi

Arkeolog mandiri, arkeotainmen/museotainmen, dan arkeo-metafisika. Penulis di media cetak dan media daring. Beraktivitas di komunitas dan gerakan literasi. Memiliki blog pribadi https://hurahura.wordpress.com dan https://museumku.wordpress.com

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Bank Indonesia Mengeluarkan Koin 10 M? Ternyata Hoaks

5 Mei 2021   16:16 Diperbarui: 5 Mei 2021   16:19 1208 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bank Indonesia Mengeluarkan Koin 10 M? Ternyata Hoaks
Koin 10 M yang ternyata hoaks (Foto: IG Bank Indonesia)

Dua hari lalu seorang teman mengirim sebuah foto yang ia dapat dari twitter. Ia bertanya kepada saya, "Benar gak nih ada koin 10 M?"

Koin tersebut hanya terlihat satu sisi. Ada tulisan Bank Indonesia dan lambang Burung Garuda. Di bawahnya tulisan "10 Milyar Rupiah".  Dari foto terlihat ukuran koin lebih dari lebar jari seseorang. Boleh dibilang sebesar koin Rp 100 atau Rp 200 yang beredar sejak 2016 lalu.

Adanya nama Bank Indonesia dan lambang Burung Garuda, tentu membuat penasaran masyarakat, termasuk teman saya tadi.

Saya katakan kepadanya bahwa Bank Indonesia tidak pernah mengumumkan penerbitan koin bernilai fantastis itu kepada khalayak melalui publikasi resmi atau siaran pers. Kedua, tulisan "Milyar"meragukan karena bukan Bahasa Indonesia yang baku. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia hanya ditemukan kata miliar, bukan milyar. Masak instansi pemerintah salah tulis. Ketiga, bahan koin kelihatan dari aluminium atau nikel. Kalau uang bernominal besar, pasti bahannya berkualitas tinggi, seperti emas atau emas putih.

Demikian analisis saya sebagai numismatis atau kolektor uang. Sebelumnya pernah ramai soal koin 100.000 yang ternyata hoaks. Lihat tulisan saya {Koin 100.000, Karya Kreatif tapi "Hoax"].

Koin 10 M postingan Bank Indonesia (Foto: IG Bank Indonesia)
Koin 10 M postingan Bank Indonesia (Foto: IG Bank Indonesia)
Benar saja, hari ini, 5 Mei 2021, Bank Indonesia mengeluarkan postingan di IG yang menyatakan koin 10 M itu hoaks. Kominfo lalu ikut memposting masalah koin hoaks tersebut. Jadi ada dua instansi pemerintah yang menyatakan koin itu hoaks.

Sekali lagi jangan terlalu mudah percaya kepada postingan-postingan yang tergolong fantastis atau ruar biyasa seperti itu. Bertanyalah dulu kepada numismatis atau otoritas Bank Indonesia. Apalagi kini grup-grup numismatik banyak di media sosial. Begitu pula berbagai lembaga/instansi pemerintah.***

VIDEO PILIHAN