Mohon tunggu...
Dizzman
Dizzman Mohon Tunggu... Public Policy and Infrastructure Analyst

"Uang tak dibawa mati, jadi bawalah jalan-jalan" -- Dizzman Penulis Buku - Manusia Bandara email: dizzman@yahoo.com

Selanjutnya

Tutup

Travel Artikel Utama

Menyusuri Jejak Pertemuan Adam dan Hawa

26 Agustus 2019   13:57 Diperbarui: 26 Agustus 2019   16:18 0 11 5 Mohon Tunggu...
Menyusuri Jejak Pertemuan Adam dan Hawa
Jabal Rahmah Tempat Bertemunya Adam dan Hawa| Dokumentasi pribadi

Rangkaian proses ibadah haji selesai sudah, namun kepulangan ke tanah air masih cukup lama. Untuk mengisi waktu luang, kami dan beberapa rekan mengikuti city tour yang dipandu oleh ketua kloter dan pembimbing jamaah. 

Kali ini city tour akan mengambii rute Jabal Tsur, Jabal Rahmah, Jamarat, diakhiri dengan mengambil miqat bagi yang ingin umroh sunnah di Ja'ronah.

Perjalanan dimulai pukul tujuh pagi dan tak sampai setengah jam bis sudah tiba di parkiran dekat Jabal Tsur. Pembimbing jamaah mulai bercerita bahwa di Jabal atau Bukit Tsur terdapat gua tempat persembunyian Nabi Muhammad SAW dan Abu Bakar ketika mendengar kabar beliau akan menjadi sasaran pembunuhan oleh para kabilah Arab Quraisy yang menentang dakwah beliau. 

Nabi Muhammad SAW dan Abu Bakar selama kurang lebih tiga hari bersembunyi di gua ini sebelum akhirnya hijrah ke Madinah.

Parkiran Dekat Gua Tsur| Dokumentasi pribadi
Parkiran Dekat Gua Tsur| Dokumentasi pribadi
Setiap hari Asma binti Abu Bakar bersama Aisyah mengantar makanan ke gua, dikawal oleh Abdullah bin Abu Bakar yang juga membawa informasi terkini kota Mekkah termasuk strategi lawan. 

Mereka dibantu seorang penggembala domba yang bertugas menghapus jejak langkah kaki Asma, Aisyah, maupun Abdullah yang bolak balik dari Mekkah ke gua Tsur.

Para pemuda Quraisy nyaris menemukan beliau di dalam gua, untunglah berkat mukjizat Allah SWT pintu gua tertutup oleh sarang laba-laba dan sarang burung dara yang sedang bertelur. 

Rasulullah dan Abu Bakar selamat hingga hijrah ke Madinah tanpa satu tetes lukapun. Gua Tsur menjadi saksi sejarah perjuangan beliau dalam menegakkan dan menyebarluaskan ajaran Islam di jazirah Arab hingga ke seluruh dunia.

Puncak Bukit Tsur| Dokumentasi pribadi
Puncak Bukit Tsur| Dokumentasi pribadi
Dari parkiran butuh waktu sekitar 1 jam untuk mendaki hingga ke mulut gua yang berada di puncak bukit. Karena cuaca panas dan banyak orang mendaki pada saat bersamaan, para peserta hanya turun sebentar menyaksikan bukit dari kejauhan sambil berselfie ria. 

Setelah puas mengambil gambar, perjalanan dilanjutkan ke Padang Arafah untuk melihat tempat pertemuan Adam dan Hawa.

Jabal Rahmah atau bukit kasih sayang menjadi saksi bertemunya manusia pertama di bumi Adam dengan kekasihnya Siti Hawa. Di puncak bukit inilah mereka bertemu untuk pertama kali sejak berpisah setelah diturunkan dari surga akibat melanggar pantangan memegang buah Khuldi. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x