Mohon tunggu...
Diva Sylvia
Diva Sylvia Mohon Tunggu... Mahasiswi UNS

Hello!

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Mahasiswi KKN UNS Peduli Tanggap Wabah Covid-19

22 Juli 2020   16:58 Diperbarui: 22 Juli 2020   19:59 43 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswi KKN UNS Peduli Tanggap Wabah Covid-19
Pembagian masker dan edukasi cara pemakaian masker yang benar untuk warga RT 01 / RW 02 Bakalan Kepatihan Wetan Surakarta/dok.mahasiswa

SOLO-Dalam rangka diselenggarakannya Kuliah Kerja Nyata (KKN) oleh UNS berupa tanggap wabah Covid-19 peserta KKN UNS Diva Sylvia Amanda, dibawah bimbingan Dr. Lego Karjoko, S.H., M.H. selaku Dosen Pembimbing Lapangan telah melaksanakan beberapa kegiatan KKN di Bakalan RT 01 / 02 Kepatihan Wetan, Jebres, Surakarta. Pelaksanaan kegiatan KKN COVID-19 ini dilaksanakan dari 15 Mei - 30 Juni 2020. Kegiatan tersebut berkaitan dengan adanya supporting pemahaman masyarakat mengenai Covid-19 dan bahaya penularannya yaitu dengan pemaparan materi yang dilakukan secara daring di media sosial maupun media cetak seperti menjadi relawan untuk menyebarkan informasi mengenai Covid-19 melalui WhatsApp grup PKK, pemasangan spanduk dan poster, memberi fasilitas berupa penyediaan tempat cuci tangan, pembagian masker dan face shield (pelindung wajah), serta membuat video edukasi seperti menjaga ketahanan pangan dengan budidaya ikan lele dan kangkung dalam ember, dan lain sebagainya.

Salah satu program kerja KKN yang dilakukan yaitu pembagian masker kepada warga RT 01 / 02 Bakalan. Ia mengaku bahwa program kerja tersebut dianggap dapat membantu warga setempat dalam memahami pentingnya penggunaan masker di era pandemi Covid-19. Progam kerja KKN ini juga didasarkan atas kurangnya pemahaman masyarakat untuk menggunakan masker saat berada di luar rumah. Hal ini sangat disayangkan ketika warga menganggap sepele penggunaan masker. 

Tujuan dalam program kerja ini yaitu agar warga paham pentingnya memakai masker dan cara pemakaian masker yang benar dengan diselipkannya selembar kertas pada plastik masker. Tidak hanya itu, Diva menjelaskan bahwa program ini bukan hanya membagikan masker saja namun memberikan edukasi melalui WhatsApp grup PKK berupa video pembuatan masker agar nantinya ibu-ibu PKK dapat menerapkannya. Selain itu, Diva juga membuat video edukasi tentang cara cuci tangan yang benar kepada warga RT 01 / 02 Bakalan dan tak lupa mengajarkan cuci tangan kepada anak-anak diikuti dengan pembagian face shield.

Dengan adanya KKN UNS berupa tanggap wabah Covid-19 ini dapat membantu warga dalam mencegah penyebaran Covid-19 khususnya warga Bakalan dan harapannya warga dapat disiplin dan taat sesuai protokol kesehatan yang ditetapkan walaupun harus berada di luar rumah di era New Normal.

VIDEO PILIHAN