Semarang, 9 September 2025 -- Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer (PTIK) Universitas Negeri Semarang (UNNES) yang sedang menjalani Program Pengenalan Lapangan Persekolahan (Lantip 5) di Yayasan Perguruan Nasional Nusaputera berhasil menyusun modul ajar informatika untuk siswa kelas 4 SD. Modul ini berfokus pada penguasaan rumus dasar Microsoft Excel.Â
Modul ajar ini dirancang untuk membantu siswa memahami cara penggunaan rumus-rumus dasar pada Microsoft Excel, seperti SUM, AVERAGE, MAX dan MIN. Kegiatan disusun secara sistematis mulai dari memasukkan data, hingga langkah-langkah menulis rumus yang benar. Modul dilengkapi kuis berbentuk permainan sebagai evaluasi pembelajaran agar siswa dapat lebih mudah memahami pembelajaran dengan cara yang lebih menyenangkan.
Menurut Dita Ayu, mahasiswa PTIK yang menyusun modul, tujuan pembuatan modul ini adalah memberikan sumber belajar yang mudah dipahami dan mendorong siswa untuk berlatih keterampilan pengolahan data. "Saya berharap modul ini bisa membuat siswa lebih percaya diri dalam menggunakan Excel dan melihat bahwa rumus bisa membantu memecahkan masalah sehari-hari," ujarnya.
Guru pendamping dari SD Nusaputera menyambut baik inisiatif ini. Modul ajar ini sudah disesuaikan dengan Kurikulum, lengkap dengan tujuan pembelajaran, aktivitas siswa, serta penilaian berbasis kuis. Kegiatan ini diharapkan dapat berlanjut pada penyusunan modul ajar untuk topik informatika lainnya sehingga proses pembelajaran semakin menarik, kreatif, dan relevan dengan kebutuhan zaman.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI