Mohon tunggu...
Dinna Nafisa
Dinna Nafisa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia

Menebar manfaat

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

KKN Tematik UPI 2021: Pengenalan Pembelajaran Daring Melalui Zoom dan Quiziz

29 Juli 2021   13:17 Diperbarui: 29 Juli 2021   14:00 95 1 0 Mohon Tunggu...

Pandemi Covid-19 ini telah memasuki tahun ke dua, namun situasi masih belum membaik. akibat dari terjadinya pandemi ini mengakibatkan  seluruh sektor baik sektor ekonomi, sosial, terutama pendidikan terganggu. Sehingga sekolah, orang tua, dan murid harus tetap adaptif mengahdapi segala kondisi yang sedang terjadi sekarang. 

Ditambah lagi, sekarang sedang diberlakukannya PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat), sehingga Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) terpaksa dilakukan secara daring atau online. Begitupun dengan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN), dilakukan secara mandiri dan daring.

Universitas Pendidikan Indonesia dengan mengangkat tema "Membangun Desa Melalui Bidang Pendidikan dan Ekonomi sebagai Implementasi dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka" turut serta berperan dalam menaggulangi dampak pandemi Covid-19 ini.

 Dengan harapan setelah terlaksananya KKN ini bisa turut serta membantu meningkatkan kualitas pembelajaran daring selama pandemi di sekolah ataupun meningkatkan ekonomi bagi masyarakat terdampak covid 19.

Dinna Nafisa, mahasiswa dari jurusan Pendidikan Teknik Arsitektur Universitas Pendidikan Indonesia, mengikuti program KKN Tematik 2021 ini dengan mengangkat tema mengenai pendidikan, dengan program "Pemanfaatan Media Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa jenjang Sekolah Dasar pada Masa Covid-19".

 KKN Tematik ini berlangsung di SDN 2 CIbeuti yang berada di Jl. Raya Cibeuti Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya.

Aplikasi Zoom merupakan salah satu media yang saat ini sering digunakan untuk melakukan pertemuan secara virtual. Oleh karena itu, pada KKN Tematik MDBPE-MBKM 2021 ini Zoom mulai diperkenalkan kepada siswa sebagai salah satu cara agar siswa bisa bertatap muka dan berinteraksi dengan teman ataupun dengan guru nya. 

Dengan melakukan pertemuan secara virtual ini, menjadikan anak-anak tidak jenuh dan tidak bosan selama belajar mandiri di rumah. Selain itu, guru pun bisa menjelaskan secara langsung melalui tambahan Power Point ataupun video selama proses pembelajaran melalui Zoom berlangsung.

Dokpri
Dokpri

Selain itu, media lain yang diperkenalkan adalah Platform Quiziz, platform Quiziz ini merupakan media pembelajaran interaktif yang bisa digunakan oleh guru dan siswa selama pembelajaran daring berlangsung. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x