Mohon tunggu...
dinayln
dinayln Mohon Tunggu... Digital Marketing

Designer | Content Writer | Event Maker

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Mau Mencoba Keberuntungan di Dunia Online? Jenis-jenis Usaha Online Bisa Dicoba

29 Oktober 2019   12:44 Diperbarui: 29 Oktober 2019   13:09 46 0 0 Mohon Tunggu...

Dewasa ini, bisnis online mulai banyak digemari oleh banyak kalangan. Mulai pelajar, mahasiswa, karyawan kantor, hingga ibu rumah tangga juga mulai banyak merambah ke dalam bisnis ini. Hal ini karena bisnis online mudah dijalankan dan tentunya tidak membutuhkan toko yang "nyata" seperti halnyanya berbisnis offline.

Tidak hanya itu saja, bisnis online juga menawarkan banyak kemudahan dan keuntungan. Baik itu kemudahan dalam berbelanja, hingga kemudahan dalam menjual produk. Jadi antara pihak konsumen dan produsen semuanya sama-sama diuntungkan.

Nah untuk Anda yang tertarik dengan bisnis online, tentunya harus tahu jenis-jenis usaha online yang ada dan berkembang saat ini. Dengan begitu, Anda bisa menentukan pangsa pasar yang tepat dan memperoleh keuntungan yang maksimal.

Oh iya, untuk memulai bisnis online tidak membutuhkan ijazah atau skill khusus seperti halnya Anda melamar di sebuah perusahaan/perkantoran. Sebab, yang paling utama diperlukan tekad yang kuat dan kemauan untuk usaha. Dengan modal tersebut, Anda bisa mendatangkan pundi-pundi rupiah dalam jumlah yang banyak setiap harinya.

Kembali lagi pada jenis-jenis usaha online, bisnis ini memiliki banyak sekali jenis. Selain itu, bisnis online sangat mudah dan bahkan membutuhkan modal uang tidak terlalu banyak. Mau tahu apa saja jenis usaha tersebut? Dari pada penasaran, yuk langsung simak ulasan selangkapnya di bawah ini yah!

1. Usaha Dropship

Usaha online pertama yang bisa Anda coba adalah bisnis dropship. Ini adalah sebuah bisnis yang menguntungkan dan tidak mengandung banyak resiko. Sebeb, saat Anda memulai bisnis ini, maka Anda tidak harus menyimpan barang, menyetok barang ataupun mengirimkan barang kepada pelanggan.

Jadi, Anda hanya cukup membeli produk pada suplier dan produk tersebut bisa langsung dikirimkan ke pelanggan tanpa harus memangkas biaya pengiriman sekaligus meminimalisir pennumpukan barang di gudang.

Nah, jika Anda tertarik dengan bisnis yang satu ini, maka disini Anda harus menjalin kerjasama dengan perusahaan atau pebisnis lain yang memang mengkhususkan pada jenis online dropship. Adapun prinsip kerja dari bisnis ini juga sangat mudah lho. Anda bisa simak cara kerjanya secara lengkap di bawah ini.

  • Yang harus dilakukan pertama kali adalah menjalin kerjasama dengan supplier dropship.
  • Jika sudah, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah melakukan list produk yang akan dijual secara online oleh Anda. Di sini, Anda bisa menjualnya melalui marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak atau menggunakan website pribadi.
  • Ketika ada pembelian yang masuk, maka di sini Anda harus menerima uang dari pembeli terlebih dahulu. Jika susah, baru deh Anda melakukan pemesanan kepada supplier dropship yang sudah diajak kerjasama. Biasanya, suplier ini akan memberikan harga yang lebih murah.
  • Nah, disini, supplier lah yang akan melakukan packing dan pengiriman barang kepada calon pembeli sesuai dengan alamat penerima yang Anda kirimkan.

Bukankah bisnis ini cukup mudah untuk dijalankan. Dalam bisnis ini memiliki kelemahan dimana biaya operasionalnya bisa ditekan. Hanya saja ia juga memiliki kekurangan yang mana tidak semua suplier itu memiliki reputasi yang baik, sehingga kadang produk tidak dikirim, atau pengiriman terhambat dan bahkan kualitas produknya jelek.

Jika sudah demikian, orang yang pertama akan disalahkan adalah Anda dan bukan pihak suppier.

2. Blogging for Money

Jika Anda memiliki keahlian dalam bidang blogging, maka Anda juga bisa menghasilkan banyak uang dengan jenis usaha online yang satu ini. Caranya adalah dengan memanfaatkan layanan platform dari blogging gratis seperti halnya Blogger (www.blogger.com) dalam hal membuat blog.

Tidak hanya itu saja, namun di sini Anda juga bisa membuat suatu situs dengan membeli domain beserta hosting dengan harga yang lebih terjangkau. Perlu Anda tahu bahwa kegiatan blogging tidak hanya sekedar menulis artikel saja.

Selain menulis artikel, Anda juga bisa memposting berita ataupun foto, berbagi video, ataupun link ke situs lainnya. Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan dari jenis usaha online ini asalkan memiliki keterkaitan dengan niche Anda.

Lantas, konten aa si yang harus dibuat dalam bisnis ini? Pada dasarnya, Anda bisa membuat konten apapun yang sesuai dengan minat dan keahlian Anda. Misalnya saja tentang komentar tentang tren, tips dan trk hingga tutorial.

Perlu Anda tahu bahwa ada banyak untuk menghasilkan uang melalui blog lho. Diantara cara tersebut seperti iklan mandiri di blog, google AdSense, dan juga pemasaran Afiliasi.

3. Menjadi Youtuber

Mungkin Anda salah satu orang yang suka mengonsumsi video-video dari Youtube? Tahukan Anda jika video yang diunggah di Youtube itu bisa mendatangkan pundi-pundi rupiah? Karena hal inilah banyak orang yang mulai merambah keberuntungan dengan Youtuber.

YouTube menjadi salah satu dari jenis-jenis usaha online yang bisa Anda andalkan untuk mendapatkan banyak penghasilan. Yang perlu Anda lakukan di sini adalah membuat setiap video yang diunggah memiliki banyak penonton.

Tentunya disini diperlukan strategi yang tepat untuk meningkatkan jumlah viewer dan subscriber. Caranya adalah membuat konten yang semenarik mungkin dan diusahakan bermanfaat.

Misalnya saja seperti membuat tutorial make up, traveling, kuliner, bermain musik, bernyanyi, berita hangat, atau konten-konten lainnya yang dapat memikat para penonton. Jika jumlah viewers Anda sudah banyak, maka langkah selanjutnya adalah dengan mendaftarkan akun Anda pada Google AdSense.

Dari sini nantinya Anda akan mendapatkan gaji dari YouTube sesuai dengan video yang diunggah. Jika Anda ingin mendapatkan banyak penghasilan seperti Atta Halilintar dan Ria Ricis, maka yang harus Anda lakukan adalah membuat konten menarik dan sesering mungkin.

4. Bisnis Affiliate Marketing

Jenis-jenis usaha online berikutnya adalah bisnis Affiliate Marketing. Bisnis yang satu ini pada dasarnya hampir mirip dengan bisnis dropship. Namun, ternyata di dalamnya banyak perbedaan yang mendasar yang membuat keduanya berbeda.

Perbedaan yang mendasar pada bisnis ini terletak pada teknologi yang digunakan. Jika pada dropship Anda harus berkomunikasi dengan calon pembeli melalui chatting, maka pada bisnis Affiliate tidak.

Di sini, Anda tidak harus berkomunikasi secara langsung dengan calon pembeli. Sebab, yang perlu Anda lakukan hanyalah mempromosikan link khusus Anda saja. jika terjadi transaksi pembelian melalui link tersebut, maka nantinya Anda akan mendapatkan keuntungan dari sana.

Nah, beberapa e-Commerce yang menjadi salah satu contoh bisnis Affilate antara lains eperti Amazon.com, Bhinneka.com, Blibli.com, Ratakan.com, Idaff.com dan amsih banyak lainnya. Yang pastinya ini bisnis ini akan mendapatkan banyak keuntungan jika Anda memiliki strategi yang tepat dan menguasainya.

Sebenarnya masih ada banyak lagi jenis-jenis usaha online yang menjanjikan yang bisa Anda coba. Tentunya untuk menjalankan bisnis ini yang diperlukan adalah sebuah tekad yang kuat dan kemauan untuk sukses. Selain itu, Anda juga harus memiliki strategi yang tepat agar bisa bersaing dengan bisnis lainnya.

Penasaran namun bingung harus memulai dari mana? Jangan kawatir, karena perkembangan teknologi dan lifestlye kini bisnis bisa dilakukan melalui media apapun termasuk aplikasi. Sudah banyak aplikasi-apliakasi menarik yang dapat memberikan peluang bisnis kamu jadi nyata. Misalnya saja Fastpay, sebuah aplikasi mobile yang didesain untuk membantu bisnis bangsa. Melalui platform peluang bisnis, Anda akan dipermudah melakukan transaksi jual beli (dropship), layanan loket tagihan bulanan hingga tiketing. Dengan modal yang cukup kecil, Anda bisa memulai usaha dari sekrang!

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x