Mohon tunggu...
Dina Sarifah
Dina Sarifah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi FTIK UINSI

Saya adalah mahasiswa Uinsi Samarinda, Hobi saya adalah membaca dan mendengarkan musik.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pentingnya Pembelajaran Bahasa Daerah di Sekolah

9 Desember 2022   20:13 Diperbarui: 9 Desember 2022   22:26 172
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Mempelajari sebuah bahasa daerah tentu bagi sebagian orang bukan hal mudah untuk dipelajari terutama mempelajari sendiri dengan cara mencari tahu bahasa tersebut dari orang disekitarnya.Salah satu tempat yang tepat untuk mempelajari bahasa daerah adalah sekolah.

              Lalu mengapa disekolah ada pembelajaran bahasa daerah?

Nadiem Anwar Makarim (Mendikbutristek) mengatakan untuk menambahkan pelajaran bahasa daerah dalam muatan lokal di sekolah dasar menjadi salah satu upaya dalam menghidupkan kembali bahasa daerah.

Dengan mempelajari bahasa daerah dalam disekolah berarti ikut membantu dan melestarikan kebudayaan-kebudayaan daerah. Pembelajaran bahasa daerah tentu menuntut para guru agar profesional dengan keterampilan serta kreativitasnya bagaiamana cara dan metod- metode yang mudah dipahami oleh anak didiknya.

Diera milenial saat ini minat anak muda dalam mempelajari bahasa daerah sangat sedikit.Oleh karena itu mata pelajaran bahasa daerah penting  dalam pengenalan kebudayaan-kebudayaan bangsa agar tidak terlupakan nantinya.Pembelajaran bahasa daerah perlunya kerja sama antara orang tua dengan sekolah agar bisa mendorong seorang anak untuk tertarik dan berminat di pelajaran ini.

Selain itu,pembelajaran ini bisa menjadi sarana identitas diri dalam menyaring bahasa asing di era globalisasi sekarang ini.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun