Mohon tunggu...
Dina Finiel Habeahan
Dina Finiel Habeahan Mohon Tunggu... Guru - be do the best
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

BE A BROTHER FOR ALL

Selanjutnya

Tutup

Fiksiana Pilihan

Awal Tahun 2021: Aku dan Cerita Fabel

7 Januari 2021   11:11 Diperbarui: 7 Januari 2021   11:36 631
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hari ini saya akan mengajar di kelas 2 SD Sei Beras Sekata dengan Tema "Pengalamanku". Seperti biasanya sebelum memulai pelajaran saya akan membagikan satu atau dua cerita fabel terhadap anak. 

Untuk saya membagikan cerita fabel terhadap anak-anak bukan saja sebagai hiburan tetapi untuk menarik perhatian anak dan memfokuskan konsentrasi anak untuk belajar.

Mengapa harus cerita fabel? Yah, karena cerita fabel memudahkan saya untuk memperkenalkan aneka karakter kepada anak-anak. Untuk mendukung kegiatan tersebut dan memudahkan saya dalam bercerita saya menggunakan beberapa boneka tangan.

Yuk, mari kita lihat. Ini cerita fabelku di pagi hari.

"Selamat pagi anak-anak, apa kabar?" Demikian aku menyapa sahabat-sahabat kecil dilayar laptopku.

Sapaanku itu pun dibalas dengan jawaban yang lantang, "Selamat pagi suster, selamat tahun baru, kabar baik." Itulah jawaban yang rame di layar laptopku. 

Kemudian untuk menenangkan situasi saya lanjutkan pembicaraan saya, "Baik hari ini kita akan belajar tentang 'Pengalamanku Di sekolah'. Tapi sebelum kita lanjutkan pelajaran kita, Suster akan membagikan sebuah kisah persahabatan antara Panda, Rubah, dan Ular. Didengar ya nak..!!"

Kisah Persahabatan Antara Panda, Rubah, dan Ular

Suatu hari di pagi hari yang cerah matahari bersinar menyapa bumi dengan hangatnya, bunga-bunga yang ada di taman mekar berseri-seri, kupu-kupu dan kumbang menari-nari kian kemari mencari madu. 

Seekor panda kecil berbulu lebat sedang berjalan-jalan di sekitar taman mencari teman hendak bermain. Dari jauh dia melihat sahabatnya si ular tergeletak lemas di atas batang kelapa yang sudah mulai membusuk.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Fiksiana Selengkapnya
Lihat Fiksiana Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun