Mohon tunggu...
Dina Amalia
Dina Amalia Mohon Tunggu... Penulis - Penulis

Berjalan menjadi penulis, untuk memahami dan sebagai refleksi diri. Hidup pada dunia puisi dan literasi yang berkiprah pada penulisan buku serta media. Menulisnya separuh-separuh. Separuh artikel umum, separuh sastra puisi.

Selanjutnya

Tutup

Games Pilihan

Mengenang Permainan Masa Kecil yang Sudah Jarang Ditemukan dan Dimainkan Saat ini

4 Agustus 2022   10:13 Diperbarui: 4 Agustus 2022   10:18 740
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber Foto: iStock / nzfhatipoglu

Indonesia merupakan negara yang kaya akan keragaman budaya, seperti permainan anak-anak. Namun, semakin berkembangnya zaman dan semakin derasnya perkembangan teknologi, sudah jarang sekali kita menemukan anak-anak yang bermain di luar rumah. Anak-anak zaman sekarang cenderung asyik bermain dengan gadget seperti handphone, tablet.

Saya ingin mengajak teman-teman semua untuk bernostalgia sedikit pada permainan masa kecil, berikut ini beberapa permainan yang kini sudah sangat jarang ditemukan ataupun dimainkan oleh anak-anak zaman sekarang.

Main Pletokan Bambu

Sumber Foto: Gazebo Bambu Malang
Sumber Foto: Gazebo Bambu Malang

Hayo siapa yang ingat dengan mainan yang satu ini?

Pletokan bambu atau dengan kata lainnya yaitu mainan tembak-tembakan. Cara main pletokan bambu yaitu menggunakan peluru dari kertas yang sudah dibasahi, jadi tidak sakit jika mengenai anggota tubuh. Bermain pletokan bambu begitu mengasyikan sekali, pasti sambil tertawa lepas jika sedang main mainan yang satu ini bersama teman-teman.

Main Gundu atau Kelereng

Sumber Foto: iStock/RiniSlok
Sumber Foto: iStock/RiniSlok

Anak laki-laki siapa yang tidak tahu mainan yang satu ini. Gundu atau kelereng yang gemar sekali dimainkan oleh anak-anak pada pagi hingga sore hari. Gundu bisa dimainkan di tanah lapang ataupun tanah merah.

Jaman dulu sampai sibuk sekali mengumpulkan jumlah kelereng, sampai-sampai membawa toples yang cukup besar untuk menempatkan kelerengnya di saat ingin bermain.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Games Selengkapnya
Lihat Games Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun