Mohon tunggu...
Dienrapra
Dienrapra Mohon Tunggu... Penulis - writerpreneur

Man Jadda Wa Jadda

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Terasa Berfantasi Bersama Buku di Perpustakaan Daerah Jawa Tengah

23 Mei 2022   08:46 Diperbarui: 23 Mei 2022   10:11 103 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
 http://seputarsemarang.com

Membaca adalah hal yang mengasikkan selain dapat menambah wawasan dan pengetahuan bagi kalangan masyarakat yang suka membaca. Teringat pada masa lampau saat masih duduk di bangku sekolah, setiap pulang sekolah rombongan pergi bersepeda ke Perpustakaan Daerah Jawa Tengah, berada di lokasi wisata Taman Budaya Raden Saleh dan Wonderia. Sekarang Wonderia sudah berpindah fungsi menjadi tempat ajang kreasi Kota Semarang.

Perpustakaan Daerah Jawa Tengah lebih dikenal dengan sebutan Perwil, tempatnya sangat nyaman buat membaca dan mencari bahan bacaan pelajaran baik dari kanak-kanak hingga pegawai atau karyawan. Berada tiga lantai, lantai satu ada televisi dan karpet serta mainan anak-anak hingga bisa berlama-lama, lantai dua berisi tentang buku pengetahuan dimana cara mencari bukunya pun telah disediakan komputer untuk melihat katalog persediaan buku yang ada dan lantai tiga khusus dipergunakan untuk pegawai atau staf perpustakaan di Perpustakaan Daerah Jawa Tengah.

Perpustakaan Daerah Jawa Tengah tetap buka meski selama pandemi, dengan buka sampai jam lima sore atau bahkan sembilan malam, jumat buka sampai jam 11.30 WIB. Perpustakaan Daerah Jawa Tengah tidak dikenakan sanksi keterlambatan dengan denda, namun sanksi pinjaman dimana selama satu minggu tidak diperbolehkan meminjam buku.

Dengan tidak dikenakan denda keterlambatan membuat para pengunjung datang berbondong-bondong ke Perpustakaan Daerah Jawa Tengah. Ditambah lagi syarat pengajuan anggota perpustakaan mudah, dengan hanya menunjukan kartu mahasiswa/pelajar dan KTP bagi yang sudah berusia 18 tahun keatas. 

Berbeda dengan syarat pengajuan anggota, khusus pinjaman buku hanya diperbolehkan bagi pengunjung yang memiliki KTP Kota Semarang, dikarenakan di takutkan buku yang dipinjamkan tidak kembali ke Perpustakaan Daerah Jawa Tengah. Perpustakaan Daerah Jawa Tengah meski berada dalam naungan pemerintah daerah, namun pengunjung dibuka buat umum, jadi para pengunjung datang dari segala usia dan kalangan masyarakat.

Perpustakaan Daerah Jawa Tengah yang berada di lingkungan tengah Kota Semarang, dapat mempermudah para pengunjung untuk datang, disamping dapat menikmati wisata di Kota Semarang. Fasilitas Perpustakaan Daerah Jawa Tengah lengkap dengan bermacam-macam bacaan dari koran, majalah, novel, cergam, televisi edukasi dan berbagai buku pelajaran tersedia.

Seringkali kita bingung mencari tempat yang dapat dipergunakan untuk membaca buku dan mengerjakan tugas kampus atau bahkan hanya sekedar baca buku. Kalau pergi ke toko buku tidak mungkin sekedar melihat dan membuka buku, maka dari itu Perpustakaan Daerah Jawa Tengah adalah solusi tepat bagi kalangan masyarakat umum yang gemar membaca.

Begitu masuk ke dalam Perpustakaan Daerah Jawa Tengah, bagian depan tersedia meja informasi dimana pengunjung yang baru pertama kali datang dengan mudah dapat bertanya langsung. Agar pengunjung yang datang dapat nyaman membaca buku di setiap ruangan baik lantai satu sampai dua disediakan tempat untuk dapat berkumpul bersama teman atau kerabat yang tidak akan mengganggu pengunjung lain. 

Perpustakaan Daerah Jawa Tengah menjadi rekomendasi perpustakaan dengan fasilitas yang lengkap di tengah kota. Apabila perpustakaaan yang berada di kampus atau sekolah dirasakan kurang lengkap, dapat datang ke Perpustakaan Daerah Jawa Tengah dengan jumlah buku yang lebih memadai dan komplit disertai suasana tenang buat membaca buku.

Suasana yang tenang saat membaca buku membuat kita lebih menikmati dan mendalami isi bacaan sehingga terasa berfantasi ke dalam alur cerita yang diberikan pengarang buku. Buku bacaan yang berada di toko buku dapat kita nikmati membaca di Perpustakaan Daerah Jawa Tengah dengan tidak perlu membeli.

Apabila kita penasaran dengan alur cerita pada suatu bacaan yang ada di toko buku, dapat datang membaca sendiri dan menikmati isi cerita di Perpustakaan Daerah Jawa Tengah. Begitu kita sudah membaca buku tanpa terasa waktu begitu cepat berlalu dikarenakan kita menikmati membaca dan berfantasi seolah berada dalam perjalanan di buku yang tengah dibaca.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan