diyah wara
diyah wara

lulusan antropologi

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Menikmati Udara Sejuk di Pantai Natsepa Maluku

13 November 2017   09:42 Diperbarui: 13 November 2017   10:52 506 1 1
Menikmati Udara Sejuk di Pantai Natsepa Maluku
Dokpri

Wilayah Maluku, seperti Indonesia Timur lainnya, terkenal dengan tempat wisata pantainya yang indah. Pada perjalanan wisata saya ke Maluku Tengah, saya pun berkesempatan mengunjungi salah satu pantai indah disana yang juga termasuk dalam tempat wisata yang harus dikunjungi.

Pantai Natsepa, berlokasi di Desa Suli, Kecamatan Salahutu, Maluku Tengah, dan dapat ditempuh hanya sekitar setengah jam dari kota Ambon, ibukota Propinsi Maluku, dengan mobil. Pantai ini berada di pinggir jalan utama yang menghubungkan Desa Suli dan Ambon. Karena itu kita juga dapat mengunjungi tempat ini dengan menggunakan kendaraan umum. Mudah saja, kita hanya tinggal bis menuju ke Desa Suli dari Terminal Besar Kota Ambon. Dari Kota Ambon, Pantai Natsepa ini berjarak 18 km saja.

Berpasir putih dan landai, pantai ini sangat cocok untuk destinasi liburan keluarga atau bersama teman-teman. Kita bisa bermain-main di pantainya, melakukan olahraga air seperti berenang, duduk-duduk menikmati pemandangan pantai, atau naik perahu yang disewa seharga 20 ribu rupiah, dan menyeberang ke pulau-pulau kecil di sekitarnya.

Dokpri
Dokpri

Saya dan teman-teman kali ini memilih untuk berjalan-jalan di pasir pantai yang putih dan berfoto-foto saja, karena hari libur, maka pantai dalam keadaan yang sangat ramai, sehingga sulit untuk berenang. Setelah lelah menyusuri pantai, sampai nyaris ke ujung pantai, kami pun duduk di salah satu warung yang berderet di sepanjang pantai, selain tempat-tempat duduk dibawah pohon kelapa, untuk menikmati rujak khas Natsepa. Ya, di tempat ini, makanan rujak-lah yang terkenal. 

Ada dua jenis rujak yang disajikan disini yaitu rujak serut dan rujak buah. Rujak serut itu buahnya di cacah-cacah, sedangkan rujak buah itu buahnya hanya dipotong-potong. Bumbu kedua jenis rujak juga ada dua macam yaitu bumbu kacang dan bumbu gula merah cair. Rasanya sangat segar menikmati rujak di pantai yang saat itu cuacanya lumayan panas.

Selain rujak, kita juga bisa menikmati air kelapa dan duren di tempat ini. Hah duren? Iya, kebetulan ketika kami berkunjung ke pantai ini, buah duren tengah musim di Maluku, sehingga hampir di setiap daerah kami dapat menemukan penjual buah duren, termasuk di Pantai Natsepa ini.

Tiket masuk ke Pantai Natsepa sangatlah murah. Hanya 2000 rupiah untuk orang dewasa dan 1500 untuk anak-anak. Pantai ini terbuka dari pagi hari sampai sore menjelang malam. Disarankan untuk mengunjungi pantai ini bukan pada musim liburan atau Sabtu atau Minggu, karena di hari-hari tersebut pantai akan sangat ramai, sehingga kurang nyaman untuk melakukan kegiatan di air ataupun hanya sekedar duduk-duduk menikmati rujak khas Pantai Natsepa. Jadi apabila berkesempatan berkunjung ke Ambon, jangan lupa untuk mengunjungi Pantai Natsepa ya... (Diyah Wara)