Mohon tunggu...
Didin Amaludin
Didin Amaludin Mohon Tunggu... Lainnya - Berusaha,Berjuang,dan Bersyukur

Tidak ada yang harus diceritakan

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Cara Mengatasi Rotasi Layar HP Tidak Berfungsi Tanpa Aplikasi Tambahan

12 Maret 2021   12:30 Diperbarui: 12 Maret 2021   13:13 2419
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Assalamu'alaikum

Kali ini saya akan berbagi pengalaman paniknya ketika rotasi layar HP saya tiba-tiba tidak dalam kondisi auto-ratate. Kejadian tersebut baru saja dialami ketika sekitar pukul 01.00 WIB "aahhh...tidak bagaimana ini pagi-pagi harus siap tempur,sedangkan beberapa akses fitur di HP saya agar bisa diakses harus dalam kondisi auto-rotate"gumam saya dalam hati.

Akhirnya berbagai cara seperti nonton youtube atau searching diberbagai website cara mengatasi rotasi layar yang tidak aktif hingga download beberapa aplikasi selalu gagal,bukan karena tidak cukup kuota internet ataupun memori penuh tapi tombol perintah untuk beri akses izin berada didaerah yang mengalami kerusakan. Berbagai cara dengan mengubek istilahnya sedikit berbeda namun tetap pada jalur dari cara  yang ada,akhirnya bisa juga diatasi.

Tentu rasanya sangat singkat dan kurang bermanfaat rasanya jika saya memuat tulisan hanya sampai disana dan tentu mungkin ini hal yang sepele yang mungkin bagi orang lain tinggal LEMBIRU (Lempar Beli Yang Baru) tapi bagi saya sayang jika langsung beli baru sedangkan kondisi HP belum sampai rusak total artinya masih bisa coba diperbaiki ke konter ataupun istilahnya diakali seperti yang sudah saya sampaikan diatas yaitu tutorial diberbagai akses media sosial,maka saya coba berbagi kepada kalian mungkin ada yang mengalami kondisi yang sama atau sedikit berbeda pada kondisi layar HPnya.

Maka dari itu saya coba sharing cara mengatasi rotasi  layar HP yang tidak berfungsi tanpa aplikasi tambahan. Sebelum itu saya akan menceritakan bagaimana kondisi HP saya sampai-sampai penulis berani bener membagikan tutorial-tutorial terkait teknologi padahal masih sedikit gaptek.hahaha...

Bagi pengguna android seperti Samsung sama dengan yang saya gunakan dan bagi yang mengalami kondisi yang sama ataupun sedikit berbeda namun tujuannya sama ingin bisa mengaktifkan fitur auto-rotate(putar otomatis),maka tulisan ini masih sejalan dan semoga bermanfaat. Gambar diatas merupakan tampilan kondisi layar HP saya,berikut ini penjelasan dari gambar diatas :

1. Garis Merah : batas/daerah yang mengalami kerusakan alias tidak berfungsi

2. Tanda panah dan keterangan : petunjuk bahwa tidak bisa mengakses atau istilahnya menyeret/tarik untuk memunculkan fitur yang berada diatas karena berada dalam daerah ditandai bergaris merah.

3. Untuk dapat melihat/akses fitur yang berada diatas atau mengakses beberapa fitur lain maka posisi layar harus dalam kondisi putar otomatis.

Tentu jelas bingung bagaimana cara mengakses fitur yang berada diatas seperti yang sudah diceritakan sedikit permasalahan diatas tapi sangat berpengaruh terhadap kinerja. Maka dari itu berikut ini cara yang saya gunakan agar fitur yang berada diatas dapat terlihat dan fitur auto-rotate dapat diaktifkan,seperti pada gambar dibawah ini.

Gambar (dok.pribadi)
Gambar (dok.pribadi)
Gambar (dok.pribadi)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun