Mohon tunggu...
Didik Pambudi
Didik Pambudi Mohon Tunggu... Penyuka Musik dan Sastra

bekerja di bidang media

Selanjutnya

Tutup

Politik

Kader Demokrat, Banggalah pada AHY

4 Maret 2021   13:03 Diperbarui: 5 Maret 2021   03:29 200 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kader Demokrat, Banggalah pada AHY
img-20210304-123348-604142478ede487e590bf9f3.jpg

Oleh: Didik L. Pambudi*)


Lembaga survei Parameter Politik Indonesia mengatakan, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memiliki elektabilitas sebesar 6,3 persen (berada di posisi ke-6) untuk calon presiden (capres) 2024. Hal ini disampaikan lewat siaran pers mereka 22 Februari 2021.

Yang menarik, selain Prabowo Subianto dan AHY, tidak ada satu pun ketua umum partai politik yang elektabilitasnya mampu masuk ke-10 besar.

Padahal, seperti kita ketahui, AHY belum mau bicara sedikit pun tentang pencapresan, yang memang lebih tiga tahun lagi baru digelar.

Prestasi ini tergolong cemerlang. Sehingga menjadi pertanyaan besar, mengapa dengan prestasi gemilang itu, masih juga banyak kader yang mempertanyakan kemampuan AHY.

Mundur ke belakang, AHY sudah lama menunjukkan totalitasnya terhadap perpolitikan tanah air.

Meski tergolong berprestasi paling cemerlang di TNI, AHY rela meninggalkan karier militernya dengan ikut terjun di Pilkada Jakarta.

Meski kalah, AHY berhasil mendulang simpati besar di pilkada yang seolah menjadi panggung nasional itu.

Di kekalahannya itu juga, AHY menunjukkan ia memang berjiwa kesatria. Menelepon rival politiknya, memberi ucapan selamat, dan mengakui kekalahan. Jiwa kesatria yang bahkan belum dimiliki banyak pemimpin tingkat nasional di negeri ini.

Simpati masyarakat yang demikian besar akhirnya membuat elektabilitas AHY sebagai Calon Wakil Presiden menjadi yang tertinggi, baik bagi Joko Widodo ataupun Prabowo Subianto. Sayang Prabowo akhirnya lebih memilih berpasangan dengan Sandiaga Uno, meski awalnya ingin berpasangan dengan AHY.

Tapi AHY memang tak kenal kata patah dan menyerah. Baginya jatuh bangun, jatuh dan bangun lagi adalah hal biasa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN