Mohon tunggu...
Dicka RosaAmelia
Dicka RosaAmelia Mohon Tunggu... Guru - Guru

Saya adalah seorang Pendidik. yang mendedikasikan hidup saya di dunia pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Best Practice (Dicka Rosa Amelia)

22 Februari 2024   04:39 Diperbarui: 22 Februari 2024   05:19 106
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

BEST PRACTICE

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATERI GERAK BUMI DI KELAS X SMK NEGERI 1 SANGA DESA

Disusun oleh:

DICKA ROSA AMELIA

PPG DALAM JABATAN ANGKATAN 3

UNIVERSITAS JAMBI

2023

PENDAHULUAN

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya. Maka dari itu di dalam proses pembelajaran harus terdapat suatu aktivitas antara guru dan peserta didik, tetapi yang terjadi selama ini adalah banyaknya aktivitas yang dilakukan guru, peserta didik tidak banyak dilibatkan langsung dalam proses pembelajaran, padahal setiap peserta didik mempunyai bakat dan kreatifitas masing -- masing. (Abd Rahman, dkk, 2022)

Hal inilah yang selama ini terjadi di SMK Negeri 1 Sanga Desa, dalam proses pembelajaran Fisika guru masih mendominasi dalam pembelajaran sehingga dari hal tersebut banyak peserta didik kurang antusias dengan proses pembelajaran Fisika yang sedang berlangsung, ditandai dengan ketika guru menjelaskan materi pembelajaran hanya sedikit siswa yang benar-benar memperhatikan. Pembelajaran yang masih konvensional ini membuat peserta didik merasa bosan karena peserta didik hanya bisa mendengar penjelasan dari guru dan mengingat apa yang di sampaikan oleh guru.

Penerapan model pembelajaran Discovery Learning dengan pembuatan Animasi Gerak Bumi pada aplikasi Powerpoint yang dipraktikkan ini menjadi penting untuk dibagikan karena sangat berpengaruh dalam meningkatkan motivasi dan aktivitas peserta didik dalam pembelajaran Fisika. Menurut Dewi Adyani (2019) menerapkan pembelajaran Discovery Learning dalam pembelajaran, peserta didik menjadi lebih aktif karena keterlibatannya dalam pembelajaran, peserta didik juga lebih memahami materi pelajaran karena siswa dapat menemukan sendiri jawaban dari permasalahan di dalam materi yang dipelajari.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun