Mohon tunggu...
Dian FitriNingrum
Dian FitriNingrum Mohon Tunggu... Pustakawan - Pustakawan

Seorang pustakawan yang bercita² untuk memajukan literasi di madrasahnya

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pesan Kepala MTsN 2 Bantul dalam Upacara Pembukaan 'Perkari' Gudep 15011-15012

17 Mei 2024   09:25 Diperbarui: 17 Mei 2024   09:28 59
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kamad MTsN 2 Bantul buka Perkari di buper Riyadhul Quran. (Dok. pribadi)


MTsN 2 Bantul gelar kegiatan Perkemahan Pramuka Mandiri (PERKARI) untuk siswa kelas VII tahun ajaran 2023/2024 pada Kamis-Sabtu, 16-18 Mei 2024. Upacara pelepasan keberangkatan ke lokasi perkemahan di Bumi Perkemahan Riyadhul Quran Camping di dusun Kadireso, Triwidadi, Pajangan, Bantul diadakan Kamis pagi (16/05) di halaman madrasah setempat oleh Kepala MTsN 2 Bantul, Isti Bandini.

Tiba di lokasi, kegiatan siswa adalah mendirikan tenda sesuai dengan kaplingnya masing-masing dilanjutkan dengan lomba menghias galon. Setelah ishoma sehabis sholat Dhuhur berjamaah, kegiatan siswa adalah Cerdas Cermat Pramuka (CCP) yang diwakili 3 orang dari masing-masing kelompok. CCP yang dipandu oleh Dewan Penggalang (DP) tampak seru, siswa antusias untuk menjawab meskipun kadang jawaban mereka tegas tetapi salah kurang pas sehingga membuat ketawa yang mendengarnya.
 
Upacara pembukaan PERKARI Gugus Depan (Gudep) 15011-15012 MTsN 2 Bantul dilaksanakan usai sholat Ashar berjamaah. Semua siswa telah bersiap di lokasi untuk diadakan latihan terlebih dahulu. Tepat pukul 15.30 upacara pembukaan dimulai. Sebagai petugas upacara dipercayakan pada DP. Sedangkan sebagai Pembina upacara adalah Kak Mabigus, Isti Bandini. Kepala Tata Usaha MTsN 2 Bantul, Isnani Nurul Huriyah, Bapak Ibu guru pendamping juga ikut dalam acara pembukaan tersebut.

Ketua tim Perkemahan, Rony Ismail dalam laporannya menyampaikan tujuan kegiatan, agenda kegiatan, dan juga peserta yang ikut perkemahan. "Jumlah siswa kelas VII ada 154 siswa, tetapi dalam kesempatan ini ada 4 siswa yang tidak ikut dikarenakan sedang sakit. Oleh karena itu siswa yang ikut dalam perkemah ini ada 148 siswa. Mohon Kak Mabigus untuk membuka acara Perkari ini," ujar Rony.  

Rony (Ketua Panitia) sampaikan laporan kegiatan Perkari. (Dok. pribadi)
Rony (Ketua Panitia) sampaikan laporan kegiatan Perkari. (Dok. pribadi)

Isti Bandini memberikan sambutan dan sekaligus membuka acara perkemahan PERKARI Gudep 15011-15012 MTsN 2 Bantul. "Sebelum saya membuka acara perkemahan ini, saya berpesan pada anak-anaku semua jagalah nama baik kalian sebagai siswa madrasah, jagalah nama baik almamater MTsN 2 Bantul baik di lokasi perkemahan ini. Tunjukkan jati diri kalian, bahwa kalian semua adalah pramuka madrasah yang cakap dan berakhlakul karimah. Kalian adalah pramuka penggalang yang shalih shalihah. Buktikan bahwa Pramuka MTsN 2 Bantul adalah pramuka sejati," ungkap Kamad Isti. "Berhati-hatilah selama berada di lokasi perkemahan, jagalah kesehatan kalian, selalu disiplin selama mengikuti tata tertib perkemahan. Semoga kegiatan perkemahan berjalan lancar dan sukses, anak-anak dan juga kakak-kakak Pembina yang mendampingi sehat selalu," pesan Kamad. "Dengan mengucap Bismillahirrohmaanirrohim, maka pramuka penggalang MTsN 2 Bantul, saya nyatakan dibuka," pungkasnya.

Simbolis- Tanda peserta perkari diberikan secara simbolis. (Dok. pribadi)
Simbolis- Tanda peserta perkari diberikan secara simbolis. (Dok. pribadi)


Setelah selesai acara pembukaan, Kamad isti didampingi Isnani Nurul Huriyah, menyempatkaan diri berkeliling ke tenda-tenda baik siswa putra maupun putri untuk menyapa mereka.(Agt)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun