Mohon tunggu...
heri af
heri af Mohon Tunggu... Dosen - Traveller- visual design n art

Dosen Fotografi dan Dkv, Mahasiswa aktif pasca sarjana magister ilmu komunikasi, Ketua Alumni SR, Sekjen Alumni Pecinta Alam SMA, Mantan pekerja tv yang di PHK karena pandemi, kontributor foto komersil, konten kreator dan penggiat sosial. I'm a simple, postmodernism, timeless fashion lovers, skuterist yang ingin keliling indonesia, and i dream journey to pacific crest trail and rest to Andorra...

Selanjutnya

Tutup

Life Hack Pilihan

Tips Mengantar Anak Sukses dalam Lomba Menggambar Online di Masa Pandemi

14 Agustus 2021   01:46 Diperbarui: 14 Agustus 2021   01:54 140 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Tips Mengantar Anak Sukses dalam Lomba Menggambar Online di Masa Pandemi
Sumber: piqsels.com

Tips Mengantar Anak Menang Dalam Lomba Menggambar Online

Orang tua adalah manajer bagi anak dalam melakukan kegiatan positif termasuk mengikuti lomba menggambar. Dalam hal ini kerja sama anak dan orangtua penting sekali dalam mengikuti lomba gambar. 

Trend hari ini berbagai lomba diadakan secara daring tak terkecuali lomba menggambar anak.  Orang tua harus berinisiatif mencari tahu lomba gambar yang akan diadakan, mempersiapkan kebutuhan anak dalam menggambar, mengawal pengiriman gambar via email hingga menunggu keputusan dewan juri.

Saya pernah beberapa kali menjadi juri menggambar anak mulai dari usia TK, SD dan SMP. Terakhir bulan kemarin ini saya terlibat dalam penjurian babak penyisihan lomba gambar yang di adakan Tanoto Foundation. 

Beragam gambar yang dikirim oleh peserta melalui email  memunculkan beragam hasil gambar peserta dari yang belum selesai, kesamaan gambar, warna yang tidak penuh, ketidak sesuaian tema hingga gambar yang memiliki gaya yang sama alias tidak original. 

Perlu diketahui bahwa untuk gambar anak usia TK berkarakter personal (setelah usai masa mencoreng mereka) karena mereka lebih dulu mencoba mengenali diri sendiri dan lingkungan mereka berasal sehingga sering gambar yang mereka hasilkan tampil sangat luar biasa dengan warna-warna yang bebas. Mereka bisa saja menggambar matahari berwarna biru. 

Alasannya hanya mereka yang tahu. Untuk gambar usia SD menunjukan karakter hubungan komunikasi mereka dengan orang lain sebagai contoh gambar mereka bersama keluarga di rumah,  teman main di lapangan atau teman sekolah di kelas. 

Sedangkan  gambar anak SMP yang memasuki usia remaja sejatinya ingin menunjukan siapa diri mereka dengan penampilan apa yang mereka pakai, musik yang mereka sukai dan tokoh yang mereka puja.Perkembangan menggambar anak memang berkaitan dengan usia mereka, hal ini pasti sudah diketahui oleh panitia yang berpengalaman.

Oke Ibu Bapak, berikut alasan anak anda  bisa memenangkan lomba :

Ketahui dari A-Z tentang lomba tersebut

Orang tua perlu mengeahui batas waktu pengiriman dan segeralh kirim dalam minggu itu juga untuk meminimal resiko keterlambatan pengiriman. Orang tua juga perlu mengetahui teknis dan aturan lomba, sebab penting agar anak tidak bermasalah karena teknis dan aturan lomba. Orang tua juga harus  membimbing  anak pada kesesuaian antara gambar dan tema karena percuma gambar bagus jika tidak sesuai dengan tema yang ditentukan panitia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan