Mohon tunggu...
Yoiso dan Yoisi
Yoiso dan Yoisi Mohon Tunggu... Web Konsultan, Desain Grafis, e-commerce

www.yoisoweb.com

Selanjutnya

Tutup

Karir Pilihan

Mengenal Profesi dan Tugas Digital Marketing

10 Mei 2019   10:57 Diperbarui: 10 Mei 2019   11:41 0 0 0 Mohon Tunggu...
Mengenal Profesi dan Tugas Digital Marketing
sumber foto: therootastes.com

Digital marketing adalah profesi yang sangat booming pada akhir 2017 hingga sekarang. Hal ini dikarenakan banyak perusahaan-perusahaan besar yang membutuhkan tenaga atau orang yang mengerti tentang pemasaran digital. 

Profesi ini pun sempat membuat orang-orang penasaran dan ingin mencobanya. Tapi ternyata tugas seorang digital marketing tak segampang yang dibayangkan. Akhirnya banyak yang menyerah untuk belajar dan mendalami profesi pemasaran digital.

Memang jika dirasakan tugas seorang digital marketing cenderung susah susah gampang. Dikatakan susah karena harus senantiasa meng-update berbagai informasi yang terjadi. 

Digital marketer sebutan untuk orang yang bekerja di bidang digital marketing juga harus mengerti trend yang diminati dan berkembang di masyarakat saat itu. 

Belum lagi, saat tak ada orang membaca atau memberi respon usaha yang dilakukan. Tugas seorang digital marketer terlihat gampang karena hanya bekerja menggunakan smartphone dan komputer saja. Orang awam akan merasa pekerjaan seorang digital marketer hanya bermain-main dengan handphone saja.

Profesi digital marketing mengharuskan pemasaran dilakukan di saluran digital, seperti website, media sosial email, aplikasi mobile dan mesin pencarian atau search engine layaknya Google. Dari sekian banyak saluran digital, website bisa dikatakan menjadi senjata paling utama dalam dunia digital marketing. 

Sebab website adalah komponen yang berhubungan langsung dengan mesin pencarian. Secara garis besar, digital marketing harus memastikan jika website muncul di halaman pertama saat ada orang yang mengetik di kolom mesin pencarian atau search engine. Untuk mencapai hal tersebut, seorang digital marketer harus melakukan berbagai langkah seperti berikut

1. Merencanakan Promosi

Membuat perencanaan promosi menjadi hal pertama yang harus dilakukan seorang digital marketer. Promosi tersebut bertujuan untuk kepentingan perusahaan. 

Dengan perencanaan yang matang, seorang digital marketer tak akan menemui jalan buntu. Perencanaan ini meliputi langkah yang harus diambil saat sebuah trik tak berjalan dengan lancar.

2. Promosi Media Sosial

Tak ada hari tanpa membuka media sosial, mulai dari Facebook, Instagram hingga Twitter. Pengguna media sosial pun sangat beragam, mulai anak sekolah hingga kalangan eksekutif. Oleh karena itu melakukan pemasaran lewat media sosial adalah hal wajib yang harus dilakukan seorang digital marketer. 

Karena lewat media sosial, promosi dapat diterima oleh semua kalangan masyarakat. Untuk melakukan hal ini biasanya seorang digital marketer akan bekerja sama dengan agency yang lebih ahli dalam bidang media sosial. Beberapa agency seperti Desain Promosi, Konten Promosi hingga Promosi Instagram menjadi pilihan untuk mengoptimasi pemasaran di media sosial Instagram. 

Meski bukan hanya Instagram, namun hingga sekarang promosi melalui Instagram masih dianggap efektif oleh beberapa digital marketer yang ada di Indonesia. Karena generasi zaman sekarang cenderung menyukai gambar dan video daripada harus membaca tulisan panjang lebar.

3. Konten yang Menarik

Langkah terpenting dari tugas seorang digital marketer adalah menciptakan konten yang menarik hingga orang bisa berlama-lama dalam website tersebut. Konten pemasaran yang baik adalah tulisan yang tanpa sadar mengandung sebuah promosi. 

Karena menulis dengan menarik dan tak membuat bosan tidaklah mudah, beberapa perusahaan memutuskan menggunakan agency seperti yoisoweb, tuliskata hingga web premium untuk membuat artikel. Selain itu, artikel yang memberikan informasi kepada pembacanya juga banyak diminati daripada artikel yang serta merta bertujuan melakukan promosi. 

Profesi digital marketing mengharuskan seseorang menguasai kedua keterampilan tersebut. Sebab digital marketer harus melihat moment dan waktu yang tepat untuk menggunakan siasat promosi tersebut.

Setelah kamu memahami beberapa tugas seorang digital marketing di atas, masih berminat menjadi digital marketer? Sejatinya tak ada pekerjaan yang tidak mengalami masalah dan kendala. Semua pekerjaan mempunyai sisi suka dan duka masing-masing. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2