Mohon tunggu...
Ayu Diahastuti
Ayu Diahastuti Mohon Tunggu... karyawan swasta, ngajar math, seneng jalan, love to share inspirasional life stories (asal ga hibah, hehehe), sukai nulis, ndengerin musik, nyanyi, n suka baca buku meski slow reader...

karyawan swasta, seneng jalan, love to share inspirational life stories (asal ga gibah hehehe), nulis, sukak denger musik n nyanyi, suka baca buku meski slow reader..

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Artikel Utama

Keunikan Proses PPDB Online di SMAN 7 Surakarta

25 Juni 2019   10:20 Diperbarui: 25 Juni 2019   17:46 0 3 1 Mohon Tunggu...
Keunikan Proses PPDB Online di SMAN 7 Surakarta
satu sudut kesibukan peserta PPDB online saat pembuatan akun di SMAN 7 Surakarta (sumber: Dok. Pri)

Mentari mulai menerbitkan sinarnya di sisi timur kota Solo. 24 Juni 2019, ada aktivitas penting yang sudah saya rencanakan bersama anak saya.

Sesuai dengan ketetapan Kemendikbud Jateng, tanggal 24-28 Juni 2019 adalah jadwal penyerahan berkas untuk verifikasi data dan pembuatan akun bagi para peserta PPDB online daerah Jawa Tengah.

Beberapa waktu sebelumnya, tepatnya tanggal 17-18 Juni diadakan simulasi verifikasi data. Simulasi memang bukanlah hal yang wajib dihadiri dan dijalani oleh para pendaftar PPDB online 2019. Namun ada beberapa manfaat yang bisa diambil bila seorang siswa mengikuti simulasi ini.

Selain mengetahui tujuan diadakannya verifikasi, siswa pun dapat mengetahui berbagai macam informasi yang berkaitan dengan verifikasi data di hari yang akan datang. 

Hal ini terbukti dari beberapa siswa yang baru mengetahui bahwa berkas-berkas yang telah dipersiapkannya ternyata membutuhkan legalisasi, atau Kartu Keluarga tidak bisa dipakai karena berumur kurang dari enam bulan. Sehingga kelengkapan berkas dapat segera teratasi.

Bahkan dari keterangan anak saya, dari simulasi yang lalu, ia dapat mengetahui bagaimana cara membuat password yang harus diisi pada kolom pendaftaran PPDB secara online. 

Nah, pada tanggal 24 Juni 2019 kami berangkat berjalan kaki, karena kebetulan antara rumah dengan sekolah pilihan hanya berjarak kurang lebih 500 meter saja.

Menurut jadwal pelayanan verifikasi data di SMAN 7 Surakarta, diadakan tanggal 24-28 Juni 2019 pukul 08:00 WIB sampai dengan 13:00 WIB. 

Namun begitu, yang terjadi  sungguh di luar dugaan saya. Ternyata, di sekolah pilihan kami tersebut sudah dihadiri oleh ratusan siswa beserta dengan orangtua mereka masing-masing. Bahkan ada juga yang mengaku datang ke sekolah tersebut sejak pukul 05:00 WIB.

kerumunan siswa peserta PPDB 2019 saat verifikasi hari pertama di SMAN 7 Surakarta (sumber: dok.pri)
kerumunan siswa peserta PPDB 2019 saat verifikasi hari pertama di SMAN 7 Surakarta (sumber: dok.pri)
Wah, sungguh suatu antusiasme yang tinggi, ataukah ini merupakan bentuk kekhawatiran dari orangtua menyikapi Petunjuk Teknis dari Kemendikbud Jawa Tengah yang pada salah satu subbabnya menyebutkan "jika jarak tempat tinggal sama, maka yang diprioritaskan adalah calon peserta didik yang mendaftar lebih awal".

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4