Mohon tunggu...
Diah AyuNingrum
Diah AyuNingrum Mohon Tunggu... Seorang manusia yang berusaha menjadi lebih baik dari dirinya sebelumnya

Ya allah Lindungilah kami dari rasa berputus asa. Karena sesungguhnya orang-orang yang beerputus asa adalah orang-orang yang terputus dari rahmat-Mu

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Tips Belajar Bahasa Inggris agar Tidak Membosankan di Masa Pandemi Covid-19

19 Agustus 2020   07:17 Diperbarui: 19 Agustus 2020   07:07 82 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips Belajar Bahasa Inggris agar Tidak Membosankan di Masa Pandemi Covid-19
Shutterstock

Pada tahun 2019 silam dunia dihebohkan dengan muncul nya virus dari wuhan (China) yang disebut dengan Severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) yang lebih dikenal dengan nama virus Corona. Awalnya virus ini memang hanya ada di China tetapi seiiring berjalanan waktu virus corona mulai menyebar ke seluruh dunia.

Pada awal tahun 2020 virus corona sampai ke Indonesia, awalnya pemerintah hanya menghimbau untuk tetap hidup bersih dan sehat. Tetapi, penularan virus corona di seluruh dunia, termasuk di Indonesia berkembang menjadi sangat pesat dan semakin banyak memakan korban.  

World Health Organization (WHO) atau Organisasi Kesehatan Dunia mendesak agar negara yang terdampak virus corona ataupun yang tidak terdampak untuk melakukan lockdown untuk memperkecil atau untuk memutus rantai penularan virus corona. Indonesia melakukan lockdown pada bulan April 2020 lalu, membuat semua aktivitas yang ada di luar rumah berhenti termasuk aktivitas belajar di kelas. 

Banyak kasus sekarang para siswa merasa bosan di rumah apalagi dengan tugas tugas yang banyak dari sekolah, ditambah lagi mereka harus belajar sendiri di rumah dan tidak boleh keluar rumah di masa pandemi virus corona ini  menambah rasa jenuh dan frustasi siswa saat belajar di rumah, apalagi beberapa siswa merasa pelajaran bahasa inggris sangat sulit dan membosankan sehingga membuat mereka malas dan mudah bosan saat belajar bahasa Inggris di rumah. 

Nah, berikut ini ada beberapa tips atau cara bagaimana cara belajar Bahasa Inggris yang menarik dan tidak membosankan saat belajar di rumah di masa pandemi virus ini.

  1. Jaga kesehatan tubuh agar tetap fit

Menjaga kesehatan tubuh agar tetap fit adalah tips pertama yang harus diterapkan di rumah. Selalu lakukan olahraga dan makan makanan yang bergizi akan membantu badan tetap fit dan menjaga mood agar tetap baik, ketika kita memiliki tubuh yang bugar itu akan membantu kita dalam berpikir dan belajar dengan  lebih optimal.

  1. Belajar bahasa Inggris dengan mendengarkan musik

Mendengarkan musik dapat membantu kita dapat membantu kita dalam belajar bahasa Inggris dengan mudah, bukan hanya belajar kita juga dapat genre musik yang dapat menaikkan mood kita dalam belajar, dengan mendengarkan musik biasanya otak kita akan enjoy menerima pelajaran.

  1. Belajar Bahasa Inggris dengan menonton video atau film Hollywood

Dengan menonton film, kita bisa mendengarkan dan melihat langsung bagaimana native speaker mengucap bahasa mereka. Itu akan lebih memudahkan kita belajar bahasa Inggris dengan cepat dan tidak membosankan. Kita juga bisa memilih genre film yang kita sukai untuk membuat suasana lebih menyenangkan.

  1. Aturlah jam belajar dan bermain

Mengatur jam  belajar dan bermain saat belajar di rumah sangat mempengaruhi kualitas belajar kita, Membuat jeda saat belajar bisa kita lakukan dengan dengan bermain game atau melakukan hal yang kita sukai untuk membuat suasana tidak membosankan,

  1. Ciptakan suasana ruang belajar senyaman mungkin agar kamu betah. Kamu bisa menghias ruang belajarmu dengan gambar-gambar pilihan atau kata-kata motivasi. Ventilasi udara juga penting agar kamu tidak merasa kepanasan atau kedinginan. Jangan lupa atur penerangan agar sesuai dengan keperluan, tidak terlalu redup dan tidak pula terlalu silau ya.

Semoga tulisan ini bermanfaat dan dapat diaplikasikan di rumah selama pandemi virus ini, agar belajar bahasa Inggris di rumah menjadi menarik dan tidak membosankan. Dan semoga pandemi ini segera berakhir dan kita semua bisa beraktivitas kembali di luar rumah seperti biasa .Aamiinn

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x