Mohon tunggu...
Dhonny Weka
Dhonny Weka Mohon Tunggu... Mahasiswa - pelajar, mahasiswa

Bismillah

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Strategi Negosiasi Guna Menyelesaian Konflik

20 Oktober 2021   19:59 Diperbarui: 20 Oktober 2021   20:15 136 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi Negotiation (sumber ilustrasi) : Unsplash

Manusia adalah makhluk sosial, maka tak jarang jika dalam interaksi satu sama lain mengalami perbedaan pendapat hingga memicu konflik. Dalam penyelesaian konflik terdapat berbagai metode dan tahapan-tahapan dalam bernegosiasi. Dan dalam artikel kali ini akan dibahas tentang apa itu konflik dan negosiasi serta strategi dan keterampilan dalam penyelesaian konflik itu sendiri.

Kebanyakan orang mungkin menganggap konflik sebagai hal yang harus dihindari dan atau setidaknya bukak sesuatu yang dicari dengan sengaja. Tapi, kita semua tahu bahwa konflik merupakan bagian dari sebuah interaksi antar manusia, termasuk dalam kelompok atau tim kerja.

Pada dasarnya konflik lahir karena perbedaan tiap individu manusia itu sendiri. karena manusia adalah pribadi yang unik masing-masing, lalu ada juga perbedaan latar belakang yang menimbulkan perbedaan  budaya, dan adanya perbedaan kemauan serta kepentingan antar individu juga dapat memicu konflik.

Realitanya konflik merupakan bagian dari interaksi antar manusia yang kadang muncul. Di dunia kerja pun demikian dimana ada interaksi antar individu maka ada juga perbedaan, bahkan yang sampai memicu konflik.

Konflik yang berkelanjutan dapat menyebabkan kerugian. Karena konflik sendiri memiliki pengaruh besar pada stress dan psikologi seseorang. Konflik yang berkelanjutan dapat mempengaruhi suasana kerja dan memperlambat kekompakan kelompok.

Selama ada perbedaan konflik juga tidak bisa dihindari begitu saja. Tapi bukan berarti konflik tidak bisa diselesaikan.

Negosiasi merupakan salah satu upaya dan cara yang dilakukan untuk menyelesaikan konflik dengan tujuan mencari jalan keluar untuk konflik yang terjadi dengan mencapai kesepakatan bersama.

Negosiasi juga dapat diartikan sebagai proses tawar menawar antara pihak yang sedang berkonflik dimana kedua belah pihak nantinya akan melakukan kesepakatan yang bisa jadi final dan bertujuan untuk mencapai solusi dimana kedua belah pihak tiak ada yang dirugikan.

Yang harus kita ketahui adalah di dalam sebuah negosiasi tidak akan tercapai titik terang jika salah satu pihak tidak ada keinginan untuk bersepakat atau tidak ingin mengalah. Kesepakatan dalam negosiasi haruslah didasari dari niat dan adanya keinginan menyelesaikan konflik tersebut dari kedua belah pihak.

Negosiasi sendiri adalah cara yang sangat efektif dalam menyelesaikan konflik tapi dalam beberapa hal, negosiasi tidak bisa dilakukan dalam keadaan formal. Namun terkadang suasana bebas, informal dan rileks justru menjadi dasar bagi pengambilan keputusan yang dilakukan dalam mencapai kesepakatan pada proses negosiasi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan